Produk UMKM Bumi Bersujud Tanbu Mampu Bersaing dan Raih Peringkat Tiga di Kalsel

Asiasatunews.com, Batulicin – Wakil Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Hj Hasnah Mashude, memberikan apresiasi terhadap produk lokal pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bumi Bersujud karena berhasil meningkatkan daya saing melalui inovasi baru dalam pengolahan produk lokal. Bahkan, produk-produk tersebut berhasil menduduki peringkat tiga di Kalsel.

Hasnah Mashude, yang juga merupakan istri Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, menyampaikan pendapatnya saat menjadi juri dalam lomba penilaian produk-produk UMKM yang dibina oleh Kader PKK Tanbu dalam acara Jambore Kader PKK 2023 yang diadakan di Gedung Pemuda, Kapet, Kecamatan Simpang Empat pada Selasa (11/7/2023).

Hasnah Mashude Ambo Sakka terkesan melihat beragam produk kerajinan dan kuliner kering dari pelaku UMKM Binaan dan Kader PKK setempat.

“Selain memiliki inovasi baru dan kreatif, produk-produk ini juga memiliki cita rasa yang tak kalah dengan produk luar. Kemampuan bersaing di pasar juga sangat baik, karena saat ini produk-produk dari UMKM Kader PKK Bumi Bersujud sudah banyak diterima di pasar modern,” ujarnya.

Menurutnya, sebagian besar produk lokal sudah memiliki penampilan yang baik, kemasan yang menarik, dan memenuhi aspek penunjang lainnya. Selain itu, produk-produk ini juga telah memiliki izin edar.

“Inovasi seperti ini membuat produk-produk UMKM Tanah Bumbu dapat bersaing dengan produk-produk dari daerah lain di luar kabupaten,” tambahnya.

Dengan daya saing yang tinggi, Hasnah optimis bahwa ini akan meningkatkan pendapatan pelaku UMKM dan kesejahteraan mereka.

Ia juga menambahkan bahwa pada saat lomba produk UMKM se-Kalsel, Tanah Bumbu berhasil meraih peringkat ketiga. Hasil ini menjadi motivasi bagi PKK untuk bekerja lebih keras guna mencapai hasil yang lebih baik.

Baca Juga  Dispersip Tanbu Gelar Story Telling Diikuti 94 Anak TK

“Semoga organisasi wanita lainnya juga dapat terlibat dan bekerja sama untuk meningkatkan kualitas UMKM Bumi Bersujud,” katanya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *