Perhelatan Megah MTQ Tingkat Kecamatan Angsana XIX: Semaraknya Tradisi Keagamaan di Desa Makmur

Asiasatunews.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar, melalui Camat Angsana, Liana Hamita, secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Angsana ke-XIX Tahun 2023 yang berlangsung di Desa Makmur, Kecamatan Angsana, pada Jumat (16/6/2023).

Acara pembukaan MTQ kali ini berlangsung meriah dengan pengibaran Bendera MTQ oleh Pasukan Pengibar Bendera dari siswa-siswi SMAN 1 Angsana dan SMK Insan Luhur Nusantara. Paduan suara dari MTs Darul Islah mengiringi Hymne dan Mars MTQ, diikuti dengan Pawai Ta’aruf oleh seluruh kafilah peserta.

Pawai Ta’aruf melibatkan 9 Desa dengan peserta sekitar 1.000 orang. Selama pawai, kesenian tradisional Gendang Beleq dan Drum Band dari SMK Insan Luhur Nusantara menambah semarak acara.

MTQ Tingkat Kecamatan Angsana XIX berlangsung dari tanggal 16 hingga 19 Juni 2023, dan akan ditutup dengan acara penyerahan hadiah.

Camat Angsana, Liana Hamita, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan atas kerja keras semua pihak yang menjadikan acara ini meriah. Ia juga berterima kasih dan memberikan penghargaan tinggi kepada masyarakat Kecamatan Angsana yang antusias menghadiri acara pembukaan MTQ ini, serta perusahaan-perusahaan di wilayah tersebut yang memberikan dukungan pada acara MTQ.

Liana Hamita menekankan bahwa salah satu cabang lomba MTQ, yaitu Tahfidz 1 Juz, khusus dilombakan untuk santri dari 1 Desa 1 Masjid. Para santri yang berhasil dalam program ini akan mendapatkan hadiah khusus sebagai motivasi.

Dalam laporan Ketua Umum Panitia MTQ ke-XIX, yang juga Kepala Desa Makmur, Mizan Pasli, disampaikan bahwa MTQ di Desa Makmur diikuti oleh 168 peserta perorangan dan 95 peserta beregu, dengan jumlah total peserta mencapai 263 orang.

Para official dari 9 kafilah desa se-Kecamatan Angsana akan berkompetisi dalam 17 cabang lomba yang akan dinilai oleh 25 orang Dewan Hakim.

Baca Juga  Sekda Ambo Sakka Terima Rekomendasi LKPJ 2022 Dari Legislatif Tanbu

“Mari saya ucapkan selamat datang kepada para tamu undangan dan seluruh Kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Angsana ke-19 Tahun 2023 di Desa Makmur. Semoga semua peserta, official, dan dewan hakim tetap berada dalam keadaan sehat dan sejahtera selama berada di Desa Makmur,” ungkapnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *