kabag Tapem Berharap, Rakoor Tiga Pilar Inginkan Pemilu Serentak di Tanbu Aman dan Kondusif

Asiasatunews.com, Batulicin  –  Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Tanah Bumbu, Ismail mengatakan, Pemerintah Daerah kembali melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakoor) Tiga Pilar Pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024, yang berlangsung di Kecamatan Kusan Hulu dan Kuranji, rabu (14/6/2023).

Pada saat ini Rakoor Tiga Pilar Pengamanan Pemilu Serentak 2024 sudah digelar di Enam Kecamatan dari  12 Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Adapun tujuan rakoor adalah untuk konsolidasi dan koordinasi semua stakeholder penyelenggaraan pemilu serentak.

Ismail berharap, melalui kegiatan ini semua stakeholder penyelenggara pemilu bisa membangun kerjasama dan bahu membahu agar pelaksanaan pemilu serentak bisa berjalan aman, damai dan sejuk di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada Rakoor yang mengangkat tema “Pemilu Aman, Damai, dan Sejuk” tersebut Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Tanah Bumbu selalu hadir dan aktif menjadi narasumber.

Dalam kesempatan ini, Ketua KPU Tanbu Makhruri sebagai Nara Sumber menyampaikan, penyelenggaraan pemilu terdiri dari dua stakeholder, yaitu stakeholder utama, dan stakeholder pendukung.

Stakeholder utama adalah KPU dan semua unsurnya sampai ke desa, Bawaslu dan semua unsurnya sampai ke desa, serta tiga Pilar. Sedangkan stakeholder pendukung seperti ormas, LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Dia juga menyampaikan jumlah peserta yang ikut berpartisipasi dalam pemilu legeslatif se-Tanah Bumbu sebanyak kurang lebih 400 calon legislatif, dan masih diverifikasi oleh KPU.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tanbu, Kamiluddin Malewa menyampaikan terkait regulasi Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 dan segala perubahannya.

Kemudian pelanggaran Pemilukada, netralitas ASN dan penyelenggara pemilu, tugas-tugas pengawasan, dan penanganan pelanggaran pemilu oleh Bawaslu. (Red/01)

Baca Juga  Sekda Berharap, Kedepan Tidak Ada Lagi Defisit Anggaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *