Progres Proyek Pengaspalan Jalan ke Lapas Batulicin Mencapai 40 Persen

Asiasatunews.com, Batulicin – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu menjadikan pengaspalan jalan menuju Kantor Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin di Desa Saring Sungai Bubu, Kecamatan Kusan Tengah sebagai prioritas utama. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas PUPR Tanah Bumbu, Hernadi Wibisono, melalui Kepala Bidang Bina Marga, Ramdhan Nasution. Dalam rencana ini, jalan tersebut akan diaspal sepanjang 500 meter dengan lebar 6 meter, dan telah diberikan anggaran sebesar Rp 1,8 miliar. Kontraktor CV Citra Berkah Nusantara, yang berhasil memenangkan lelang, ditunjuk untuk melaksanakan proyek ini.

Proyek pengaspalan jalan menuju Kantor Lapas direncanakan akan berlangsung selama 150 hari kalender, mulai dari April hingga September 2023 mendatang. Anggaran yang digunakan untuk proyek ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2023.

Ramdhan menambahkan bahwa saat ini progres pekerjaan yang dilaksanakan oleh kontraktor CV CBN telah mencapai 40 persen. Diperkirakan pada bulan Juni ini, pengaspalan akses jalan menuju Lapas akan selesai 100 persen, dengan jaminan pemeliharaan selama 360 hari.

Pada tahun 2024, Dinas PUPR Tanah Bumbu juga berencana mengalokasikan anggaran untuk proyek pembangunan drainase di sebelah kiri dan kanan jalan menuju Lapas tersebut.

“Tahun 2024 mendatang, Dinas PUPR Tanah Bumbu akan menganggarkan kembali untuk proyek pembangunan drainase kiri dan kanan jalan menuju Lapas tersebut,” sebut Ramdhan.

Dengan diaspalnya jalan masuk menuju Lapas Batulicin, akan memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang akan mengunjungi keluarganya di Lapas tersebut.

Sebagai informasi tambahan, jenis aspal yang digunakan untuk pengaspalan jalan menuju Lapas adalah aspal HRS-Base, yang merupakan standar kabupaten. Jenis aspal ini memiliki daya tahan yang cukup baik, sehingga dapat menahan beban kendaraan hingga 8 ton. (Red)

Baca Juga  Razia Penegakan Perda, Satpol PP Dikawal Denpom Tanbu Berhasil Sita 500 Botol Miras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *