Pesta Pantai Pagatan di Gelar Setelah Bulan Ramadhan, Bersamaan dengan Peringatan Hari Jadi Tanbu Ke 20

Asiasatunews.com, Batulicin – Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi e kembali digelar di Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Kelapa Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporapar) Tanbu, Hamaludin Taher, bahwa untuk pelaksanaan kegiatan Pesta Pantai Mappanre ri tasi e tahun 2023 digelar setelah bulan Ramadhan 1443 Hijriah.

“Untuk acara pesta pantai tidak dilaksanakan pada bulan Ramadhan, tetapi dilaksanakan setelahnya,” sebut Hamaluddin.

Perlu diketahui, untuk acara pembukaan pesta pantai Mappanre ri tasi e dilaksanakan bersamaan dengan peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Tanah Bumbu yang diperingati setiap 8 April. 

Acara pembukaan pun digelar dengan nuansa Islami seperti dzikiran, sholawatan buka puasa bersama, sholat maghrib berjamaah, dan kegiatan religi lainnya yang mencerminkan implementasi Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah

“Tanggal 8 April itu hanya pembukaan pesta pantai saja, sedangkan rangkaian acara hiburan, lomba, dan aktivitas dagang, expo dan lainnya digelar setelah ramadhan sehingga tidak mengganggu kekhusyukan masyarakat menjalankan ibadah di bulan ramadhan,” ujar Hamal sebagaimana arahan Bupati Zairullah Azhar.

Sedangkan untuk acara puncak Mappanre ri tasi e akan diserahkan kepada lembaga adat ogi, karena pada saat itu memang kewenangannya lembaga adat. 

Sementara itu, untuk konsep pesta pantai tahun 2023 ini, kata Hamal, akan ada perubahan. Berdasarkan arahan Bupati setidaknya acara tahunan ini mengikuti konsep gelaran Batulicin Festival (BATFEST). 

Kegiatan selama pesta pantai di isi dengan ceramah agama setiap malam jumat, expo/pameran, stand UMKM, kegiatan seni dan budaya, dan lomba-lomba. 

Bupati juga menginginkan di lokasi pesta pantai disediakan sedikitnya empat sampai lima mushola agar pengunjung bisa melaksanakan ibadah. 

Hamal menambahkan, Bupati menginginkan agar pelaksanaan pesta pantai tidak ada penyembelihan ayam diatas laut, tetapi di isi dengan syukuran dengan doa dan setelah itu makan bersama di daratan. 

Baca Juga  Tegakan Perda, Pemkab Tanbu Tindak Tegas THM Yang Menjual Miras

Sekedar informasi, Pesta pantai Mappanre ri tasi e digelar sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut yang melimpah. Pesta pantai dilaksanakan hampir satu bulan penuh yang isi berbagai kegiatan seni dan budaya. 

Selain itu, acara tahunan yang mampu menarik ribuan wisatawan baik dalam maupun luar daerah tersebut juga di isi dengan kegiatan expo/pameran produk UMKM dan lainnya. (Red/01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *