Menghijaukan Pulau Burung: Kodim 1022 Tanbu Melaksanakan Penanaman Mangrove

Asiasatunews.com, Batulicin – Selasa, 11 Juli 2023, Kodim 1022/Tanah Bumbu melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam Vl/Mulawarman yang ke-65. Kegiatan ini dilaksanakan di Pulau Burung, Desa Kecamatan Simpang Empat, dengan tujuan untuk meningkatkan luas wilayah hutan mangrove dan menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir di Kabupaten Tanah Bumbu pada Selasa, 11 Juli 2023.

Kegiatan penanaman mangrove ini dipimpin oleh Perwira Seksi Teritorial Kodim 1022/Tnb, Kapten Inf Wahyono, yang mewakili Dandim 1022/Tnb. Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Danramil 1022-01/Spe Kapten Djoni Hermanto, Kadis Pariwisata Tanbu H. Syamsuddin, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bapak Satriadi SH, Kasat Pol Airud Polres Tanah Bumbu AKP Apry, Kepala KPH Kusan Rahanor, Kapolsek Simpang Empat AKP Toni, Camat Simpang Empat Abdul Muiz, Kepala Desa Pulau Burung Syaidina, Ketua FKPPI Tanah Bumbu Dieng, kelompok tani, perwakilan PT. Arutmin, anggota Kodim 1022/Tnb, anggota Lanal Kotabaru, anggota Polres dan Pol Airud Tanah Bumbu, para tokoh agama, masyarakat, dan tokoh adat Desa Pulau Burung.

Dalam sambutannya, Dandim 1022/Tnb Letkol Inf Aldin Hadi, S.H., M.Tr (Han), yang diwakili oleh Pasiter Kodim 1022/Tanah Bumbu Kapten Inf Wahyono, menyampaikan bahwa penanaman mangrove dilakukan secara serentak oleh TNI di beberapa titik di seluruh wilayah Kodam VI Mulawarman. Khusus untuk wilayah Kodim 1022/Tanah Bumbu, sebanyak 500 pohon mangrove ditanam di Desa Pulau Burung.

“Tentu saja tidak hanya cukup dengan menanam, hal yang tidak kalah pentingnya adalah perawatan tanaman agar dapat tumbuh baik hingga dewasa, serta perlu adanya kepedulian seluruh pihak agar tidak menebang tanaman mangrove secara sembarangan,” imbuhnya.

Baca Juga  Anggota DPRD HST dan Tapin Kunker Ke Tanbu Mengkaji Pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi

Beliau menekankan pentingnya menjaga dan merawat pohon mangrove yang ditanam agar dapat tumbuh dengan baik dan mencapai dewasa. Selain itu, kepedulian dari semua pihak juga diperlukan untuk mencegah penebangan mangrove secara sembarangan. Penanaman mangrove ini hanyalah awal dari upaya yang lebih besar untuk melindungi dan melestarikan ekosistem hutan mangrove di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam komitmennya untuk bekerja sama dengan semua pihak, TNI, khususnya Kodim 1022/Tnb, berharap dapat mendukung pemerintah dalam upaya meningkatkan dan melestarikan ekosistem hutan mangrove. Hutan mangrove memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir, melindungi pesisir dari abrasi, serta menjadi habitat bagi berbagai spesies laut.

Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan langkah nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan merupakan bentuk partisipasi aktif dari Kodim 1022/Tanah Bumbu dalam upaya perlindungan lingkungan. Diharapkan bahwa kegiatan seperti ini akan terus dilakukan di masa depan, melibatkan lebih banyak pihak untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam melestarikan hutan mangrove dan menjaga ekosistem pesisir di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan semangat kebersamaan dan komitmen untuk melestarikan lingkungan, Kodim 1022/Tanah Bumbu telah menorehkan jejak yang positif melalui kegiatan penanaman mangrove ini. Semoga langkah-langkah ini dapat menginspirasi pihak-pihak lainnya untuk berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan alam sekitar. (Hdr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *