Dinas Perikanan Tanbu Berikan Percontohan Cara Budidaya Ikan Bioflok

 
Asiasatunews.com, Batulicin
– Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perikanan melakukan Panen perdana ikan nila hasil uji coba teknologi bioflok di area Kantor Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Senin (20/12/2021).
 
Pada acara panen perdana percontohan budidaya ikan nila sistem bioflok dilakukan langsung Asisten Administrasi Umum, Andi Aminuddin, dihadiri juga Ketua TP PKK Tanah Bumbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah didampingi Ketua DWP Tanbu Hj Hasnah Mashude dan jajaran Dinas Perikanan.
 
”Panen perdana ini termasuk cepat, ikan nila berumur 2 bulan sudah dapat di panen dan hasilnya mencapai 100 kg lebih,” ungkap Kadis Perikanan Tanbu Yulian Herawati.
 
Yulian menyebut, bahwa sistem bioflok ini sudah banyak dikembangkan selain menghemat lahan, teknologi ini juga sangat hemat masa panen yakni 2 sampai 2,5 bulan saja.
 
“Untuk angka kematian ikan juga sangat kecil, bahkan mampu hidup 99 persen,” tegas Yulian.
 
Terkait menjaga kualitas produksi budidaya sistem bioflok ini ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, sejak dari pemilihan bibit unggul, pengaturan air hingga pemberian pakan suplemen probiotik.
 
”Untuk bibit unggul, tahun depan kita juga akan menyiapkan bibit unggul sendiri melalui Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Perikanan,” imbuhnya.
 
Untuk pakan lanjut Yulian, sistemnya kotoran yang dihasilkan akan diuraikan lagi oleh bakteri baik yang selanjutnya akan kembali menjadi pakan lagi.
 
”Dengan sistem ini kita bisa menghemat 20-30 persen pakan,” tandasnya.
 
Budidaya ikan sistem bioflok sendiri sudah mulai dilirik masyarakat, terbukti dengan makin bertambahnya pembudidaya ikan bioflok di Tanah Bumbu.
 
”Sudah banyak dikembangkan ada di beberapa desa di Tanah Bumbu, di Desa Mustika itu ada 16 kolam, bahkan di beberapa kecamatan juga sudah ada cuma belum terdata saja,” sebutnya.
 
Budidaya ikan sistem bioflok ini dapat menjadi pilihan masyarakat, selain bernilai ekonomis tinggi, usaha ini juga mampu memembuhi kebutuhan gizi keluarga dan mewujudkan kemandirian pangan daerah.
Baca Juga  Pandemi Belum Berakhir, Presiden Minta Kepala Daerah Tetap Waspada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *