Bupati Zairullah Serahkan Piala dan Hadiah Lomba Juara Kebersihan Desa Tingkat Kabupaten Tanbu 2022

 
Asiasatunews.com, Batulicin
– Pemenang lomba kebersihan desa/kelurahan tingkat Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2022, mendapatkan piala dan hadiah, diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, dr H.M. Zairullah Azhar, di Kantor Bupati Tanbu, Senin (11/4/2022).
 
Terkait kegiatan ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanah Bumbu, Mahriyadi mengatakan, bahwa Bupati hari ini menyerahkan langsung piala dan uang pembinaan kepada masing – masing pemenang lomba.
 
Selain itu, Mahriyadi juga menyampaikan, bahwa lomba kebersihan desa/kelurahan dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu, sekaligus pula dalam rangka perwujudan harapan pengelolaan Satu Desa Satu Pengelolaan Sampah.
 
Dengan harapan pelaksanaan lomba ini digelar, supaya kedepan dapat membangkitkan semangat positif kecamatan bersama desa/kelurahan dalam peningkatan upaya pengelolaan sampah dan kepedulian terhadap kebersihan, serta tercipta sinergitas pengelolaan sampah antara pemda dengan kecamatan dan desa/kelurahan setempat, katanya.
 
Dia meminta kepada Desa Banjarsari Kecamatan Angsana sebagai pemenang lomba, supaya terus meningkatkan upaya dalam mengelola kebersihan desanya.
 
Sedangkan desa lain diharapkan termotivasi mengikuti jejak Desa Banjarsari dalam mengelola persampahan dan kebersihan desanya.
 
Kabid Pengelolaan Sampah dan LB3, Indah Maya Suryanti, ST, menambahkan lomba dilaksanakan dengan tahapan seluruh kecamatan menyampaikan 2 (dua) nominator desa/kelurahan yang akan diikutsertakan pada lomba tanggal 7-9 Maret 2022.
 
Tim Penilai terdiri dari DLH dan perwakilan PKK Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penilaian di 24 desa/kelurahan.
 
Kemudian hasilnya dirapatkan utk proses penetapan pemenang. Adapun secara garis besar kriteria penilaian nya meliputi kebersihan sampah & lingkungan, pernah menerbitkan kebijakan desa tentang kebersihan, penanganan sampah oleh pihak desa/KSM, kebersihan drainase, ada tidaknya RTH, ada tidaknya upaya pemilahan sampah, ada tidaknya upaya pemanfaatan sampah, dan peran terhadap retribusi kebersihan.
 
“Maksud dan tujuan lomba agar memotivasi desa/kelurahan dalam upaya kebersihan lingkungannya masing-masing,” sebutnya.
 
Demikian pemenang lomba kebersihan Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu dalam Tahun 2022.
 
Perlu diketahui, sebagai juara 1 lomba kali ini, yaitu Desa Banjarsari Kecamatan Angsana mendapatkan piala bergilir Bupati, 1 unit kendaraan roda tiga CSR Bank Kalsel, piagam penghargaan, dan uang pembinaan Rp. 5.000.000,-.
 
Juara 2 Desa Ringkit Kecamatan Kuranji mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp. 3.000.000,-.
 
Juara 3 Kelurahan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan Rp. 2.000.000,-.
 
Juara Harapan 1 Desa Al-Kautsar Kecamatan Satui mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp. 1.000.000,-.
 
Juara Harapan 2 Desa Rejosari Kecamatan Mantewe mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp 1.000.000,-.
 
Juara Harapan 3 Desa Wanasari Kecamatan Sungai Loban mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp. 1.000.000.
Baca Juga  Bupati Zairullah Terpilih Jadi Ketum Pusat LKSA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *