Anwar Sebut Delapan Program RIK Tanbu Bakal Berjalan Bertahap, Budidaya Jamur Jadi Prioritas

Asiasatunews.com, Batulicin  – Sekretariat Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) Tanah Bumbu terus menjalin sinergitas kesejumlah SKPD setempat, kali ini Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berkunjung ke markas RIK, kamis (4/5/2023) untuk memastikan komunikasi kreatif tersebut apakah benar – benar bekerja secara Profesional. 

Kunjungan Kesbangpol Tanbu bertujuan untuk mengetahui keberadaan Kantor Rumah Inspirasi Kreatif, ungkap staf Kesbangpol Tanbu, Amran. 

Adapun Kunjungan kesbangpol  tersebut disambut langsung  oleh Ketua RIK, Anwar Ali Wahab. 

Dalam kesempatan itu, Anwar menyampaikan, berbagai hal tentang RIK. Salah satunya soal komitmen untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan UMKM. 

Selain itu, Anwar menambahkan, bahwa RIK sudah memiliki legalitas yang sah dari Kk Kemenkumham dan Kesbangpol Tanah Bumbu, dan saat ini mendapat sambutan yang luar biasa dari Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar.

Lebih jauh lagi Anwar menyampaikan, bahwa RIK sudah menyiapkan 8 smart program, yaitu pembuatan pupuk organik granul, budidaya jamur tiram, ikan air tawar, pelatihan bisnis model canvas UMKM, Frozen Food, bordir, arguci, analisis ternak kambing etawa dan pengenalan bisnis, dan hal ini tinggal menunggu kerjasama dan respon serta partisipasi dari pihak perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. 

Ia menambahkan, RIK juga berpartner dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Tanbu, terutama untuk urusan pengembangan SDM. Hal serupa juga dilakukan bersama instansi atau lembaga lainnya. 

Anwar sedikit memberi gambaran, salah satu program yang akan dijalankan yakni budi daya jamur tiram. Usaha ini diyakini bisa melejit. 

“Kami akan kenalkan dan kembangkan petani-petani budi daya jamur tiram. Di mana hasilnya kelak siap dikirim ke kota-kota besar di Indonesia,” kata Anwar. 

Baca Juga  Plt Kadis PUPR Subhansyah Komitmen Melaksanakan Perbaikan Jalan Tanbu Yang Rusak

Sejauh ini sudah ada beberapa desa dan lembaga yang tertarik untuk menjalin kerjasama. Salah satunya adalah Lapas Kelas III Batulicin. Selain itu juga ada pihak perhotelan. (Red/01) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *