Antisipasi Peresmian GOR Paman Birin: PWI Tinjau Persiapan Porwanas XIV

Asiasatunews.com, Banjarmasin – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Hendry CH Bangun, bersama rombongan, melakukan peninjauan langsung terhadap persiapan Kalimantan Selatan (Kalsel) sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Agustus 2024 pada hari Minggu (4/1/2024).

Hendry, yang datang bersama Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Agus Susanto, mengunjungi Gelanggang Olah Raga (GOR) Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

GOR tersebut, yang saat ini masih dalam tahap akhir pembangunan, direncanakan menjadi tempat pembukaan dan penutupan Porwanas.

Menurut Hendry, GOR tersebut cocok sebagai tempat pembukaan yang akan menampung ribuan wartawan dari 39 pengurus PWI di seluruh Indonesia.

“Hari ini kami melihat lokasi pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional yang akan diselenggarakan pada Agustus mendatang. Ini adalah gedung baru dan setelah kami melihat secara langsung, kami berpendapat bahwa gedung ini sangat bagus,” kata Hendry, yang didampingi oleh Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie.

Meskipun diakui bahwa GOR masih belum sepenuhnya selesai, Hendry menganggapnya tidak masalah karena tempat tersebut hanya akan digunakan sebagai tempat pembukaan.

“Meskipun belum sepenuhnya selesai, namun untuk pembukaan, kapasitas dan kondisinya sangat memadai. Untuk tempat lainnya, semuanya sudah diadakan di Banjarmasin, jadi tidak masalah untuk pembukaan. Kapasitasnya cukup megah dan dapat menampung peserta serta penonton Porwanas,” tuturnya.

Hendry menjelaskan bahwa selain menjadi ajang olahraga, Porwanas juga akan mempertandingkan karya jurnalistik dengan tema yang sejalan dengan Hari Pers Nasional, yaitu isu keselamatan lingkungan.

“Porwanas tidak hanya tentang olahraga, tetapi juga melibatkan kegiatan jurnalistik, khususnya terkait rencana Geopark Meratus. Kegiatan ini sejalan dengan isu lingkungan, penyelamatan aset alam seperti Meratus yang telah diajukan kepada UNESCO untuk diakui sebagai Geopark,” paparnya.

Baca Juga  Peringatan HKG PKK Ke-51 di Tanah Bumbu: Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh dalam Mewujudkan Indonesia Tumbuh

Melalui karya jurnalistik ini, PWI berharap dapat mengkampanyekan Meratus sebagai Geopark yang diakui oleh UNESCO.

“Dengan pengakuan tersebut, diharapkan akan ada anggaran dan hibah dari organisasi internasional untuk membantu penyelamatan lingkungan dan flora fauna di kawasan hutan lindung tersebut,” jelasnya.

Porwanas ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sekaligus peresmian GOR Paman Birin.

Hendry juga mengingatkan bahwa Porwanas bukanlah semata-mata tentang meraih medali, tetapi juga sebagai ajang silaturrahmi, mengingat jurnalis bukanlah atlet.

Kepala Seksi Tata Bidang Bangunan Cipta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Syamsul Bahri, menjelaskan bahwa GOR sebenarnya sudah selesai, hanya tinggal menambahkan sarana dan fasilitas penunjang.

“Saat ini, persiapannya masih berfokus pada penyempurnaan gedung ini, meskipun gedungnya sudah selesai 100 persen,” katanya.

Bahri menambahkan bahwa beberapa penambahan fasilitas seperti layar di dalam gedung dan peningkatan akses jalan menuju GOR masih dalam proses.

“Termasuk juga jalan dan tempat-tempat parkir yang disediakan, semuanya sedang dalam persiapan. Penambahan lainnya akan disesuaikan dengan kebutuhan tim penilai,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan bahwa kapasitas GOR dapat menampung 3.000 orang.

Ketua SIWO PWI Kalsel, Irwansyah, mengungkapkan bahwa persiapan Porwanas sudah sesuai rencana dan optimis menjadi tuan rumah yang baik.

“Insya Allah, kita sudah siap menjadi tuan rumah. Dari pengamatan, GOR ini baru dibangun dan sangat bagus, sangat ideal sebagai tempat pembukaan, selain itu, dapat menampung 3.000 orang, jadi sangat bagus,” kata Irwansyah.

Panitia Porwanas telah menyiapkan 9 venue cabang olahraga (Cabor) dan satu karya jurnalistik. Cabang olahraga yang akan dipertandingkan meliputi atletik, tenis lapangan, catur, futsal, sepakbola mini, bulutangkis, esport, biliar, dan tenis meja. Semua lokasi pertandingan akan diselenggarakan di Banjarmasin, kecuali karya jurnalistik yang akan dilaksanakan di kawasan Pegunungan Meratus, Kabupaten Banjar.

Baca Juga  Balap Sepeda Jhonlin Ride 2023 Tanbu Diikuti 5000 Peserta, Atlet Dari Pulau Jawa Turut Hadir

Rombongan yang mendampingi Ketua PWI Pusat termasuk Sekretaris Sayid Iskandarsyah, Ketua SIWO Agus Susanto, Sekretaris SIWO Erly Bahtiar, dan Bendahara SIWO Herwan Pebriansyah. Dari PWI Kalsel, hadir Sekretaris Toto Fachrudin dan beberapa pengurus.

Selanjutnya, pengurus PWI Pusat dan PWI Kalsel akan melakukan audiensi dengan Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, untuk membahas kesiapan dan dukungan pemerintah daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *