PT BIB Raih Penghargaan CSR dan PDB Award di ISSF 2024

Asiasatunews.com, Batulicin – PT Borneo Indobara (BIB) meraih penghargaan prestisius dalam ajang CSR dan PDB Award yang diselenggarakan oleh Indonesia Social Sustainability Forum (ISSF) di Hotel Westin Jakarta, (07/05/2024). Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin serta Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) A. Halim Iskandar.

Pada puncak acara, PT BIB berhasil mengantongi 12 penghargaan, termasuk lima penghargaan kategori Gold yang merupakan peringkat tertinggi. Selain itu, dua penghargaan perseorangan kategori Excellent diraih oleh Dindin Makinudin (GM Empowerment & Sustainability) dengan skor 93,79 dan Silvyna Aditia (Empowerment dan Development Dept Head) dengan skor 90,32. Penghargaan kategori Outstanding diberikan kepada Sundari Puji Rahayu (Local Hero) dengan skor 89,55. PT BIB juga mendapatkan penghargaan Best Achievement Gold.

Dindin Makinudin, GM Empowerment & Sustainability PT BIB, menegaskan bahwa penghargaan ini adalah bentuk apresiasi terhadap kepala desa yang mendukung program CSR untuk kesejahteraan masyarakat desanya. Ia mengajak beberapa kepala desa di sekitar tambang yang terus menerima manfaat dari program CSR.

“Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi PT BIB terhadap kepala desa yang memang mensupport program CSR di desa masing-masing untuk kesejahteraan masyarakat di desanya,” ujar Dindin.

Acara penghargaan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat PT BIB, termasuk Dindin Makinudin, Silvyna Aditia, R. Lington (Department Head External), dan Bilqis Nabila (PMO Divisi).

Silvyna Aditia, Department Head Empowerment & Development PT BIB, menambahkan bahwa beberapa desa sekitar tambang turut menerima penghargaan. Di antaranya adalah Desa Angsana dan Desa Bunati untuk program Nelayan dan Rumpon Ikan, Desa Karang Indah untuk program Pabrik Pakan, serta Desa Banjarsari dan Desa Mekarjaya untuk program interkoneksi air bersih. Satu penghargaan local hero diberikan kepada pelaksana program sarana air bersih dari Desa Banjarsari yang didampingi oleh CSR PT BIB.

Baca Juga  Upaya Kolaboratif Koramil 1022-05/Karang Bintang dan Puskesmas Setempat dalam Menekan Penyebaran (DBD) Melalui Fogging

“Untuk Desa Mekarjaya dan Desa Bunati tidak dapat menghadiri acara tersebut dikarenakan di desa ada kunjungan dari dinas pemerintah yang harus dihadiri oleh kepala desanya masing-masing,” ungkap Silvyna.

PT BIB berhasil memborong 12 penghargaan tingkat nasional, yang merupakan bagian dari evaluasi keberhasilan program CSR sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDG’s), terutama SDG’s desa. Proses penilaian dilakukan oleh juri dari berbagai pihak, termasuk Kemendes, Kementan, Kemenparekraf, ISSF, akademisi, dan lainnya. Selain presentasi, para juri juga melakukan kunjungan lapangan untuk memastikan kesesuaian antara pemaparan dan kondisi nyata serta mewawancarai masyarakat penerima program.

Pada saat penilaian program CSR, PT BIB dihadapkan dengan juri-juri dari berbagai pihak antara lain dari Kemendes, Kementan, Kemenparekraf, dari ISSF sendiri, dari akademisi dan masih banyak lainnya,” sebut Silvyna.
“Selain PT BIB mempresentasikan setiap program CSR, para juri / panelis tersebut juga melakukan kunjungan lapangan untuk membuktikan kesamaan antara pemaparan dan juga actual sebenarnya, serta memastikan dengan mewawancarai masyarakat penerima program tersebut,” katanya.

Pada tahun 2024, selain menerima CSR dan PDB Award, PT BIB juga telah meraih penghargaan nasional “Indonesia Green Award” di awal tahun.

Dengan capaian ini, PT BIB semakin memperkokoh komitmennya dalam menjalankan program CSR yang berkelanjutan dan berdampak positif bagi masyarakat desa sekitar tambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *