Tingkatkan Ekonomi Warga Lingkar Tambang, PT BIB Wujudkan Ini

Asiasatunews.com, Batulicin  – Terlihat tak pernah surut Perhatian PT Borneo Indobara selaku perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batubara di Kabupaten Tanah Bumbu untuk terus membantu dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa lingkar tambang ring 1 dengan menciptakan berbagai jenis sentra usaha serta pendampingan dari sisi tatakelola kelembagaannya, baik melalui UMKM dikelompok masyarakat dan juga pembentukan koperasi bersama untuk 20 desa jadi prioritas perusahaan.

Adapun program kelembagaan yang sedang digiring dan didampingi Community Social Responsibility (CSR) PT BIB  sebagai wujud nyata perusahaan terus berkontribusi ke daerah melalui pemberdayaan masyarakat desa yang ada di wilayah operasional lingkar tambang.

Pembentukan koperasi bersama 20 desa yang digerakkan oleh PT BIB tentunya untuk membantu dan meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat desa setempat, Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) ini merupakan program unggulan perusahaan PT BIB.

Koperasi bentukan PT BIB ini bernama, Koperasi Borneo Jaya Mandiri Bersama, akte pendirian notaris  tertanggal 25 Januari 2023, telah menaungi 6 usaha bisnis pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Center Angsana, yaitu Suwara Cafe, Beemart, Beedelivery, On Point Grafis, Supply Catering serta Pabrik Pakan.

Pengurus Koperasi Bersama dijabat oleh perwakilan masing-masing desa yang dipilih langsung saat pembentukan koperasi, didampingi  PT BIB serta dihadiri Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disprindagkop) Tanah Bumbu.

Susunan kepengurusan koperasi, jabatan Ketua koperasi terpilih warga desa Wonorejo, Sekretaris warga desa Bunati dan Karang Indah, serta Bendahara warga desa Sebamban Baru dan Jombang.

Demikian nama pengurus koperasi Bersama, diantaranya Ketua dijabat Ahmad Kholibi warga desa Jombang, Wakil Ketua Sayid M Abul warga desa Angsana, Sekretaris 1 Nur Arifin warga desa Karang Indah, dan Sekretaris 2  Ahmad Yansah, Bendahara Ida Ariyanti, Pengawas 1 Asnawi dan Pengawas 2 Priyo Utomo.

Baca Juga  Bapenda Tanbu Luncurkan Aplikasi 'SiRadar'

Tercatat hingga Juni 2023, Koperasi bersama sudah mempunyai 116 anggota yang tergabung dalam 20 desa masuk ring 1, berada di 5 Kecamatan, dan kedepan PT BIB akan mengajak sejumlah desa di luar ring 1 untuk bergabung di koperasi ini.

Dindin berharap, Semoga dengan adanya koperasi bersama ini, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, karena hasil keuntungan koperasi ini akan kembali lagi kepada anggota koperasi, dan Sisa Hasil Usaha (SHU) itu akan dibagikan pada semua anggota koperasi.

kantor Sekretariat koperasi bertempat di lokasi UMKM Center Angsana, dan ingin menghubungi bisa langsung ke nomor WA 0878.3353.1014, sebut Dindin.

Perlu diketahui, bahwa bisnis unit yang baru berjalan pada saat ini adalah supply catering dan pabrik pakan ikan dan Unggas. “untuk bisnis supply catering sendiri, sudah dibukakan akses pemasaran untuk mensupply bahan baku catering di PT BIB dan kedepannya akan terus dibantu untuk dibukakan akses pasar  dan peluangnya.

Supply komoditas yang dilakukan adalah komoditas dibidang pertanian, peternakan, perikanan dari 20 desa binaan. Dengan harapan anggota koperasi yang memiliki usaha bisa ikut berpartisipasi menjadi bagian supplier ke koperasi, dan harga yang ditawarkan juga bersaing dengan harga pasar, karena langsung diambil ke para warga desa binaan dan anggota koperasi.

Dindin menambahkan, bahwa pabrik pakan saat ini sudah menjadi bagian bisnis unit Koperasi, dimana pabrik ini memproduksi pakan ikan dan pakan unggas. Dengan kualitas SNI, dan perusahaan PT BIB sendiri sudah mendampingi uji lab atas hasil produksinya, sehingga bisa dipasarkan secara luas.

Untuk pemasaran, pabrik ini telah menerima pesanan, baik dari area ring 1 BIB maupun diluar Ring 1, karena dari sisi kualitas tidak diragukan, dan harga dibawah harga pasar. (Slamet Riadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *