Program Peninggian Rumah Terdampak Banjir di Nilai Berhasil Membantu Warga, Dipimpin oleh Camat Kusan Hulu, Abdul Jabar

Asiasatunews.com, Batulicin – Abdul Jabar, Camat Kusan Hulu, telah berhasil melaksanakan program peninggian rumah terdampak banjir di wilayah Nilai. Dengan adanya program ini, genangan air banjir tidak lagi masuk ke dalam rumah warga. Hal ini memberikan keuntungan besar bagi warga, karena aktivitas mereka tidak terganggu meskipun wilayah tersebut dilanda banjir.

Pada tanggal 12 Juli 2023, Camat Abdul Jabar bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu melakukan pemantauan di enam desa yang terdampak banjir. Dalam kunjungannya, Camat Abdul Jabar mengunjungi sebelas rumah warga yang menjadi penerima manfaat dari program peninggian rumah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanbu untuk mengatasi dampak banjir di Desa Lasung.

Abdul Jabar menjelaskan, “Kami juga mendata sejumlah rumah warga yang masih terendam saat banjir terjadi untuk diajukan sebagai penerima manfaat program Pemkab Tanbu ini.”

Sementara itu, Kepala Desa Lasung, Helmi, menyatakan keberhasilan program peninggian rumah terdampak banjir dari Pemkab Tanbu di wilayahnya. Ia mengungkapkan, “Saat ini ada sebelas rumah yang telah menerima manfaat dari program tersebut dan tidak lagi terendam saat terjadi banjir.”

Helmi berharap bahwa rumah-rumah yang masih terdampak banjir juga dapat diakomodasi dalam program peninggian rumah pada tahun 2023 ini.

Sebelumnya, pada tahun 2022 dan 2023, Bupati Tanbu, Zairullah Azhar, meluncurkan program peninggian rumah untuk ratusan warga yang terdampak banjir di beberapa desa di Kecamatan Kusan Hulu dan Kusan Tengah. Program ini bertujuan untuk mengatasi masalah dampak banjir yang selama puluhan tahun melanda rumah-rumah warga di daerah bantaran sungai pada musim penghujan. (Hdr)

Baca Juga  Rapat Koordinasi Pemkab Tanah Bumbu: Persiapan Bantuan Dana Hibah untuk Pilkada Serentak 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *