Pelepasan 23 Peserta Program Pemagangan YESS oleh Sekda Tanah Bumbu

Asiasatunews.com, Batulicin – Pada hari Senin, 24 Juli 2023, acara pelepasan 23 peserta program pemagangan Youth Entrepreneur and Employment Support Services (YESS) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) berlangsung meriah. Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, Ambo Sakka, turut serta dalam upacara tersebut yang diadakan di Halaman Kantor Bupati Tanbu, dalam rangka Upacara Gabungan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanbu.

Sekda Tanbu, Ambo Sakka, dengan penuh semangat memberikan ucapan selamat kepada para peserta pemagangan program YESS. Ia mendorong mereka untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan mengambil ilmu yang berharga sebagai bekal dalam berwirausaha di masa depan.

“Manfaatkan program pemagangan ini dengan sebaik-baiknya untuk bekal berwirausaha nantinya,” ujar Sekda Tanbu.

Program pemagangan YESS di Tanbu ini merupakan hasil kerjasama dengan beberapa SKPD lingkup Pemkab Tanbu, seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Bappedalitbang, serta Dinas Nakertrans. Hal ini bertujuan untuk memberikan fasilitasi yang optimal kepada para peserta program YESS selama masa magang mereka.

Angga Tri Aditia Permana, selaku Project Manager PPIU Program YESS Kalsel, menyatakan kegembiraannya atas pelaksanaan program pemagangan di Tanbu ini. Program ini bekerjasama dengan beberapa lembaga, termasuk PT Buana Karya Bakti (BKB), PT Simbiosis Karya Agro Industri (PT Siska), dan Koperasi Warga Sejahtera. Tujuan kolaborasi ini adalah untuk memfasilitasi para pemuda Young Farmer yang tertarik mengembangkan keterampilan di bidang pertanian dan nantinya dapat bekerja di sektor tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tanbu, Hairuddin, menambahkan bahwa program YESS di Tanbu sangat berarti bagi 23 peserta yang memiliki usia berkisar antara 17 hingga 39 tahun. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa Kabupaten Tanbu sangat beruntung karena hanya tiga kabupaten di Kalsel yang terpilih untuk mengikuti program ini, yaitu Tanah Bumbu, Tanah Laut, dan Kabupaten Banjar.

Baca Juga  Ribuan Masyarakat Padati Tabligh Akbar di Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi’e, Berikut Pesan Bupati Tanah Bumbu

Program YESS yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian ini merupakan tahun ketiga di Tanbu dan menargetkan tiga sektor utama, yaitu peternakan, perkebunan, dan hortikultura. Program ini sejalan dengan kekhawatiran akan terjadinya degenerasi di sektor pertanian.

Sebelum dilepas untuk menjalani magang, para peserta mendapatkan pembekalan terlebih dahulu dari SKPD Pemkab Tanbu, seperti Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Bappedalitbang. Kemudian, mereka juga mendapat arahan dari PPIU Kalsel tentang kebijakan pemagangan program YESS tahun 2023. Selain itu, Disnakertrans Tanbu memberikan arahan mengenai pemagangan dan ketenagakerjaan, serta dari BPJS Ketenagakerjaan berkaitan dengan Asuransi Ketenagakerjaan.

Semoga dengan adanya program pemagangan YESS ini, para peserta dapat meraih pengalaman berharga dan keterampilan yang mendukung kesuksesan mereka di dunia usaha dan industri. Kabupaten Tanah Bumbu akan terus berupaya memberikan dukungan penuh bagi pengembangan potensi para pemuda di sektor pertanian dan bidang lainnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *