Pencapaian Luar Biasa: Investasi Tanbu Melebihi Target

Asiasatunews.com, Batulicin – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2023 digelar pada Kamis (7/12/2023) di Jakarta. Setelah mengikuti Rakornas tersebut, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Zairullah Azhar, menyatakan bahwa realisasi investasi tahun 2023 di Tanbu berhasil melampaui target yang telah ditetapkan.

Zairullah mengungkapkan bahwa target investasi untuk tahun 2023 di Kabupaten Tanah Bumbu sebesar Rp 2,4 Triliun, tetapi realisasinya mencapai Rp 5,8 Triliun. Menurutnya, investasi memegang peran krusial dalam pertumbuhan ekonomi Tanah Bumbu, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat, serta merangsang perputaran ekonomi yang merata.

Sebagai komitmen pemerintah daerah untuk memberikan kemudahan berusaha, Pemerintah Kabupaten Tanbu berencana membentuk Mal Pelayanan Publik (MPP) pada tahun 2024. MPP ini bertujuan memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

Rakornas Investasi 2023 dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh ratusan Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia. Tema Rakornas kali ini adalah “Investasi Berkeadilan dan Berkelanjutan.”

Kepala DPMPTSP, Andrianto Wicaksono, menjelaskan bahwa hanya daerah yang berhasil mencapai target realisasi investasi yang diundang dalam acara tersebut, seperti Kabupaten Tanah Bumbu. Rakornas Investasi dilaksanakan setiap tahun untuk merencanakan kerja tahun berikutnya dan mengevaluasi kendala yang dihadapi oleh pemerintah daerah.

Pada Rakornas, dibahas berbagai topik, termasuk pembangunan ekosistem investasi untuk mengantisipasi tren dunia hingga 2045, transformasi tata kelola pemerintahan untuk meningkatkan investasi di daerah, optimalisasi regulasi persetujuan pembangunan gedung sebagai katalisator kemudahan berusaha, dukungan kebijakan untuk peningkatan investasi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, serta peta jalan percepatan kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang di daerah.

Baca Juga  Pelantikan Pengurus dan Raker IKMA Tanah Bumbu 2023-2024 Menuju Masa Depan Gemilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *