Pelatihan Penyelamatan Ketinggian oleh Satpol PP dan Damkar Tanbu

Asiasatunews.com, Batulicin – Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah menginisiasi suatu pelatihan yang bertujuan meningkatkan kemampuan anggota Damkar dalam melakukan penyelamatan dari ketinggian. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Satpol PP dan Damkar Tanbu, Syaikul Ansyari, dengan kolaborasi bersama Jhonlin Rescue. Acara pembukaan digelar di Posko Damkar Simpang Empat pada hari Sabtu (17/02/2024).

Menurut Syaikul, pelatihan tersebut sangat penting mengingat banyaknya bangunan bertingkat di Tanbu, terutama di tepi jalan raya di Bumi Bersujud. Hal ini memerlukan antisipasi yang baik terutama dalam menghadapi bencana seperti kebakaran. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas Damkar dalam melakukan penyelamatan warga dengan memperhatikan tata cara yang benar serta penggunaan peralatan yang tepat.

“Pelatihan penyelamatan dari ketinggian ini penting kami laksanakan. Mengingat banyak bangunan lantai dua bahkan lebih ada di Tanbu,” ucapnya.

Syaikul juga menyampaikan bahwa permintaan peralatan tambahan untuk Damkar telah disampaikannya kepada Bupati Zairullah Azhar, yang merespons positif karena hal ini berkaitan langsung dengan keselamatan masyarakat.

Untuk peralatan damkar. Saya sudah sampaikan ke Bupati Zairullah Azhar. Beliau menyambut baik usulan tersebut. Karena ini berkaitan dengan keselamatan masyarakat,” ujarnya.

Selain kegiatan berkaitan dengan kebakaran, petugas Damkar juga terlibat dalam kegiatan sosial seperti penangkapan ular dan evakuasi sarang tawon dari rumah tangga. Ini menunjukkan pentingnya pelatihan yang komprehensif bagi anggota Damkar.

Pelatihan ini diikuti oleh 12 peserta dari 6 Posko Damkar se-Tanbu, masing-masing posko mengirimkan 2 peserta. Peserta pelatihan diharapkan dapat menjadi instruktur bagi petugas Damkar di posko masing-masing setelah mengikuti pelatihan ini.

“Masing-masing posko mengirim 2 peserta,” ucap Kabid Damkar Siti Aisyah

Baca Juga  Tanbu dan PT PTP Resmikan Sumbangan Pihak Ketiga demi Pembangunan Daerah

Pelatihan berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 17 hingga 18 Februari 2024. Pada hari pertama, materi yang diberikan meliputi tanya jawab dan praktek pengenalan alat, sedangkan pada hari kedua, dilakukan senam pagi dan praktek lapangan penggunaan alat. Narasumber dari Jhonlin Rescue adalah Rahmatullah.

Rahmatullah menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk berbagi ilmu terkait penyelamatan dari ketinggian, karena semakin banyak orang yang memiliki pengetahuan tersebut, semakin banyak pula yang bisa diselamatkan saat terjadi bencana atau musibah. Pada praktek lapangan, petugas dilatih untuk menyelamatkan warga dari ketinggian hingga 17 meter, mengingat banyaknya bangunan bertingkat di Batulicin, Tanah Bumbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *