Menuju Peningkatan Pariwisata dan Perekonomian Lokal: Wabup Kotabaru Andi Rudi Latif Resmikan Jalan Wisata Tajong Karama

Asiasatunews.com, Kotabaru – Pada Selasa (18/7/23), Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif, dengan bangga meresmikan pembukaan badan jalan dan pengerasan jalan wisata Tajong Karama di Desa Tanjung Seloka, Kecamatan Pulau Laut Selatan. Proyek ini, yang didanai secara mandiri tanpa mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), merupakan hasil inisiasi dari Bang Arul, sapaan akrab Wakil Bupati, sebagai tanggapan atas aspirasi masyarakat untuk membuka akses jalan menuju objek wisata Tajong Karama.

Dengan dibukanya akses jalan baru ini, diharapkan mampu memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan warga setempat, serta berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) setempat.

Bang Arul menyatakan bahwa janji untuk mewujudkan akses jalan ini telah ditepati setelah kunjungan kerjanya di bulan Mei lalu. Dengan anggaran yang berasal dari sumber non-APBD, pengerasan jalan sepanjang 720 meter dengan lebar 7 meter berhasil diselesaikan dengan sangat efisien, hanya dalam waktu 5 hari kerja.

“Pada kunjungan kerja bulan mei lalu di Tanjung Seloka, kami berjanji akan menunaikan aspirasi masyarakat untuk membuka badan jalan dan pengerasan jalan menuju objek wisata Tajong Karama sepanjang 550 meter, dengan anggaran non APBD,” ujar Bang Arul.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kotabaru juga tidak lupa menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pihak perusahaan PT MSAM yang telah membantu masyarakat setempat dalam merealisasikan pembukaan akses jalan ke objek wisata Tajong Karama di Pulau Laut Selatan.

Beliau berharap agar jalan ini dijaga, dirawat, dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat. Selain itu, Bang Arul juga mengungkapkan harapan agar Pemerintah Desa segera menyelesaikan administrasi status jalan wisata Tajong Karama agar dapat diusulkan untuk peningkatan fisik jalan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan diakomodir dalam APBD.

Baca Juga  Program Peninggian Rumah Terdampak Banjir di Nilai Berhasil Membantu Warga, Dipimpin oleh Camat Kusan Hulu, Abdul Jabar

“Alhamdulillah sekarang sudah terealisasi janji kami. Pengerasan jalan sepanjang 720 meter dengan lebar 7 meter ini, selesai dikerjakan dan melebihi target, bahkan fisiknya dituntaskan hanya dalam 5 hari kerja,” sambungnya.

Perwakilan dari PT MSAM, Adrizal, menegaskan komitmen perusahaan untuk bersinergi dengan masyarakat di sekitarnya. Dalam pengembangan wilayah, perusahaan dan masyarakat memiliki hubungan yang saling mendukung. Dukungan PT MSAM dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR), seperti bantuan akses jalan wisata, adalah salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut.

Kepala Desa Tanjung Seloka, Joko Malis, menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih atas peresmian jalan baru ini atas nama masyarakat. Beliau juga mengakui bahwa dukungan dan lobi dari Wakil Bupati Kotabaru, terutama terhadap PT MSAM, merupakan kunci keberhasilan terwujudnya proyek ini.

Acara peresmian jalan wisata ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif SH, perwakilan General Manager PT MSAM, Adrizal, Forkopimcam, Kepala Desa dari Kecamatan Pulau Laut Selatan, tokoh masyarakat, pemuda, dan warga sekitar.

Peresmian jalan wisata Tajong Karama ini merupakan tonggak bersejarah bagi masyarakat Kotabaru. Diharapkan pembukaan akses jalan ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi pariwisata, perekonomian lokal, dan kesejahteraan masyarakat. Semoga langkah positif ini dapat menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah lainnya untuk menggali potensi wisata dan pengembangan wilayah secara berkelanjutan.

“Harapan kami kepada masyarakat agar dijaga, dirawat dan dipelihara dengan baik jalan ini. Karena tidak menutup kemungkinan ke depan, bisa ditingkatkan lagi struktur fisiknya ke tahap betonisasi atau paving blok. Sehingga manfaatnya dapat dinikmati dalam jangka panjang,” sebut Wabup. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *