Menuju Penguatan Ibukota Nusantara, Pemerintah Rencanakan Pembangunan Bandara Megah di Kalimantan Selatan

Asiasatunews.com – Pemerintah sebagai penunjang ibukota Nusantara (IKN) telah merencanakan pembangunan bandara baru di Provinsi Kalimantan Selatan. Langkah ini merupakan bagian dari pemindahan ibukota negara ke IKN di Kalimantan Timur. Pembangunan bandara baru ini dianggap sangat diperlukan oleh pemerintah setempat karena memiliki letak yang strategis dan mendukung akses ke daerah Kalimantan Tengah dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Bandara megah berstandar internasional ini akan dibangun di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, khususnya di Desa Kambitin, Kecamatan Tanjung. Lokasi ini memiliki luas lahan sekitar 200 hektar yang saat ini digunakan sebagai lahan perkebunan karet dan telah dimiliki oleh pemerintah, sehingga tidak memerlukan lagi pembebasan lahan dari masyarakat setempat.

Usulan pembangunan bandara megah ini telah disampaikan oleh ketua komisi V DPR RI kepada Menteri Perhubungan, dan usulan tersebut telah didengarkan oleh Menteri Perhubungan RI. Namun, hingga saat ini, anggaran untuk pembangunan bandara megah ini masih belum diumumkan, meskipun diakui bahwa proyek seperti ini tentu memerlukan dana yang signifikan.

Pembangunan bandara megah di Kalimantan Selatan menjadi sangat penting karena Kabupaten Tabalong merupakan titik temu bagi beberapa provinsi di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Dengan demikian, penumpang dari daerah-daerah tersebut dapat dengan mudah mengakses bandara megah berstandar internasional di Kalimantan Selatan.

Wacana pembangunan bandara ini masih menunggu informasi lebih lanjut mengenai jadwal pelaksanaannya. Meskipun begitu, rencana pembangunan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Kalimantan Selatan karena diyakini akan membawa manfaat ekonomi dan infrastruktur yang signifikan bagi wilayah tersebut dan ibukota Nusantara secara keseluruhan. (Red)

 

Dikutip dari jatimnetwork.com

Baca Juga  Jubir Kemenkes RI Sebut, Kasus Covid 19 Meningkat Sepekan Perlu Diwaspadai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *