Gerakan Smart City 2024, Pemkab Tanbu dan Kementerian Kominfo Jalin Kerjasama

Asiasatunews.com, Batulicin -Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menandatangani nota kesepakatan terkait implementasi Smart City tahun 2024.

Menurut Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Tanbu, Al Husain Mardani, nota kesepakatan ini merupakan bagian dari Implementasi Smart City 2024 yang diselenggarakan secara serentak oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo bersama 10 Kabupaten/Kota terpilih pada tahun 2024.

Penandatanganan nota kesepakatan dilakukan secara virtual pada hari Selasa (05/03/2024) di Command Center, Kantor Bupati Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin.

Sepuluh Kabupaten/Kota terpilih meliputi Kabupaten Tanah Bumbu, Bangli, Bone Bolanga, Gianyar, Pekalongan, Purbalingga, dan Serang, serta kota Banjar, Parepare, dan Solok.

Program Gerakan Menuju Kota Cerdas ini merupakan upaya dukungan dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Kota/Kabupaten dalam mewujudkan Smart City. Program ini merupakan kerjasama antara Kementerian Kominfo dengan beberapa kementerian lainnya seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian PAN dan RB, Kementerian Pariwisata, dan Kantor Staf Presiden.

“Gerakan ini tujuannya untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city,” ujar Al Husain.

Pada tahun 2024, Ditjen Aptika Kementerian Kominfo akan memberikan pendampingan dalam penyusunan masterplan smart city bagi sepuluh kota/kabupaten yang telah terpilih melalui proses penilaian pada tahun 2023.

Baca Juga  Rapat Persiapan Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023 Dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *