Tanggap Darurat, Bupati Tanbu Kunjungi Korban Kebakaran Satui dan Berikan Bansos

Asiasatunews.com, Batulicin – Kebakaran di Kecamatan Satui mendapat perhatian serius Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Zairullah Azhar. Orang nomor satu di Bumi Bersujud itu bergerak cepat temui warga korban kebakaran dan serahkan bantuan sosial (Bansos).

Kedatangan Bupati di lokasi pasca kebakaran, Selasa (6/2/2024) di dampingi Anggota DPRD, Sekda Tanbu Ambo Sakka, Kepala SKPD, Camat Satui, Kapolsek Satui, dan Kepala Desa.

Bupati Zairullah menyampaikan bela sungkawa atas musibah kebakaran tersebut. Apalagi sampai ada korban jiwa serta berharap agar para korban bisa tabah dan bersabar atas musibah yang menimpa.

Zairullah juga berterimakasih kepada Camat Satui, Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa, BPBD, dan pihak lainnya yang membantu dengan cepat menangani musibah kebakaran ini.

Zairullah menambahkan pemerintah daerah segera melakukan pendataan dan akan melakukan langkah-langkah strategis untuk membantu para korban kebakaran tersebut.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Sulhadi mengatakan kebakaran pemukiman terjadi pada Selasa (6/2/2024) pukul 01.16 wita. Lokasi kebakaran di Desa Berkah Bersama dan Desa Makmur Jaya Kecamatan Satui. Untuk penyebab kebakaran tersebut masih dalam penyelidikan yang berwenang.

Kejadian ini menyebabkan 25 rumah terbakar dan menimbulkan 1 korban jiwa meninggal dunia (MD) akibat terjebak di lantai 2 (dua) rumahnya. Serta hampir 90 persen harta benda warga tidak bisa di selamatkan.

“Untuk Desa Persiapan Berkah Bersama sebanyak 24 KK/88 Jiwa dan 21 Rumah rusak berat dan 2 rusak sedang. Desa Makmur Jaya sebanyak 3 KK/15 Jiwa, 1 rusak berat dan 1 rusak ringan. Total sebanyak 27 KK/103 Jiwa,” Ungkap Sulhadi.

Adapun taksiran kerugian dan kerusakan hasil Pengkajian Kebutuhan Pascabencana (JITUPASNA) yakni Desa persiapan Berkah Bersama Rp 2.530.800.000, dan Desa Makmur Rp 304.800.000.

Baca Juga  Bupati Tanah Bumbu dan Pejabat Lakukan Pengecekan Terakhir Pendopo Serambi Madinah yang Siap Diresmikan

Korban luka-luka dan jiwa, 1 (satu) orang meninggal dunia atasnama Hamsiah 75 Tahun.

Beberapa upaya yang di lakukan BPBD yakni melakukan kordinasi dengan pihak desa, kecamatan, TNI/Polri, Dinas Sosil, Relawan terkait pendirian tenda Penggungsi dan bantuan logistik. Mengunjungi korban kebakaran di Desa persiapan Berkah Bersama dan Desa Makmur Jaya. Melakukan verifikasi data, menyiapkan tenda pengungsi, menyerahkan bantuan logistik untuk keperluan dapur umum.

Menurunkan Tim JITUPASNA untuk menghitung taksiran kerugian, membantu membungkus nasi untuk didistribusikan kepada para penggungsi. Menyerahkan bantuan logistik yang langsung diserahkan oleh Bupati Tanah Bumbu.

Kondisi saat ini, Api sudah kondusif, dipadamkan oleh damkar pos Satui, relawan RPKS dan armada perusahaan. Warga yang terdampak sementara menggungsi dirumah keluarga. Polsek Satui mendirikan posko bantuan dan konseling, dan Dinas sosial membuka dapur umum untuk warga yang terdampak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *