Sekda Ambo Sakka Berharap, Melalui Kegiatan Workshop Penyelenggaraan Kearsipan, Hendaknya Arsip Dapat Tertata Rapi

Asiasatunews.com, Batulicin  – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu membuka workshop penyelenggaraan kearsipan, dilakukan langsung Sekretaris Daerah H Ambo Sakka berlangsung di ruang rapat Bersujud 1 kantor  Bupati, jalan dharma praja kelurahan Gunung Tinggi, Selasa (18/7/2023).

Kegiatan kali ini di gelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu diikuti oleh ormas, organisasi politik, dan BUMD.

Terkait hal ini, Sekda Ambo Sakka mengatakan, bahwa arsip tersebut memiliki peranan penting dalam menunjang roda organisasi di Tanah Bumbu.

“ Tentunya Kalau arsip kita bagus, maka roda organisasi itu juga akan bagus,” ungkapnya.

Selain itu, Ambo Sakka juga menyampaikan, kalau penanganan arsip penataannya tidak sempurna maka penerus yang mengelola arsip akan mengalami kerumitan dalam pelacakannya.

Seperti partai politik atau organisasi masyarakat yang kantornya pindah-pindah, kalau arsipnya tersusun rapi maka sangat mudah menemukan berkas kalau di perlukan, katanya.

Kalau tidak rapi, di tumpuk dan di ikat ketika  pindah kantor di pastikan kewalahan untuk mencarinya.

Pada prinsipnya arsip itu harus di temukan paling lama 5 menit ketika dicari, kalau lebih dari itu waktunya, maka dikatakan tidak rapi arsipnya, tegas Ambo Sakka.

Begitu pula saat pergantian jabatan yang mana dalam pelantikan itu di lakukan serah terima jabatan.

“Dengan serah terima jabatan itu berati penyerahan segala tanggung jawab arsip berikutnya,” harpanya.

Berjumlah 63 peserta yang mengikuti workshop Penyelenggaraan Kearsipan dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan Abdus Mayadi. (Red)

Baca Juga  Ketua TP-PKK Kabupaten Tanbu Tinjau Persiapan Kompetisi PHBS Tingkat Provinsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *