Peran Aktif Masyarakat dan “Digides” : Pelantikan 10 Ketua RT se-Desa Gunung Besar

Asiasatunews.com, Batulicin – Pelantikan Ketua RT se-Desa Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat untuk periode 2024-2029 di selenggarakan di kantor Desa Gunung Besar pada Rabu (18/03/2024).

Sebanyak 10 Ketua RT dari berbagai lingkungan di Desa Gunung Besar diambil sumpahnya secara serentak dalam acara yang dipimpin oleh Kepala Desa, Suwito.

Suwito, dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kelancaran acara tersebut. Dia juga memberikan ucapan selamat kepada para Ketua RT yang terpilih, berharap mereka mampu mengemban amanah dengan baik untuk masyarakat Gunung Besar.

“Untuk ketua RT yang terpilih, saya ucapkan selamat dan semoga dapat menjalankan amanah dengan baik untuk masyarakat Gunung Besar,” ujar Suwito.

Menariknya, proses pemilihan Ketua RT di Desa Gunung Besar tidak melibatkan dana desa, melainkan bersumber dari inisiatif dana musyawarah dari warga setempat. Bahkan, panitia di setiap RT sepenuhnya didanai oleh warga. Hal ini mencerminkan semangat gotong royong dan kemandirian masyarakat dalam menjalankan urusan pemerintahan desa.

Dalam wawancara yang kami lakukan dengan Kepala Desa Suwito, beliau menyampaikan harapan besar bahwa para Ketua RT yang baru dilantik mampu memahami tanggung jawab dan beban yang mereka emban. Suwito juga berharap bahwa peran serta warga dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan.

“Walaupun ini merupakan pelantikan pertama secara seremonial, saya berharap para ketua RT yang baru dilantik memahami betul tanggung jawab dan beban yang mereka emban,” ucapnya.

Selain itu, Salah satu inovasi yang diungkapkan Suwito adalah aplikasi bernama Digides, layanan desa yang memungkinkan warga untuk mengurus segala urusan tanpa perlu datang ke kantor desa. Dengan aplikasi ini, pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih efisien dan mudah diakses. Bahkan, urusan di Disdukcapil juga dapat diurus melalui aplikasi ini, mengeliminasi kebutuhan untuk datang ke kantor capil.

Baca Juga  MUI Tanbu Dukung Pembangunan Bersama Wabup.

“sehingga warga tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor capil, cukup dengan mengunjungi kantor desa. Ini merupakan upaya demi memudahkan akses pelayanan publik bagi warga Desa Gunung Besar”, ungkapnya.

Digides Desa Gunung Besar telah diluncurkan pada bulan Februari tahun ini dan sudah dapat diunduh melalui Play Store. Inovasi ini diharapkan mampu membawa kemudahan dan kenyamanan bagi warga Desa Gunung Besar dalam mengakses berbagai layanan pemerintahan.

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kepala Dinas PMD, Camat Simpang Empat, Polsek Simpang Empat, TP PKK setempat, serta undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *