Penghargaan Adipura: Tanah Bumbu Berprestasi dalam Pengelolaan Lingkungan

Asiasatunews.com, Batulicin – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah berhasil meraih kembali Piala Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Bupati Zairullah Azhar menerima penghargaan Adipura tersebut, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah  (Sekda) Tanbu Ambo Sakka, pada hari Selasa (5/3/2024) di Jakarta. Tanah Bumbu memperoleh Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil “Batulicin”.

“Alhamdulillah, untuk kedua kalinya, Tanbu kembali meraih Piala Adipura 2023,”  ungkap Sekda.

Sebelumnya, Kabupaten Tanbu telah meraih Piala Adipura pada tahun 2019 untuk penilaian tahun 2018. Pada tahun 2022, Tanbu juga menerima sertifikat Adipura.

Terima kasih disampaikan kepada semua lapisan masyarakat Tanbu yang telah menjaga lingkungan di Bumi Bersujud. Program Adipura dilaksanakan untuk menilai komitmen Pemerintah Daerah dalam pengelolaan sampah dan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Tujuan dari program ini adalah untuk mencapai lingkungan yang berkelanjutan sesuai dengan Target Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) tahun 2030, salah satunya adalah SDGs Tujuan ke-11, yaitu membuat perkotaan dan permukiman manusia menjadi inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Program Adipura 2023 diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”. Hal ini sejalan dengan isu pencemaran sampah plastik yang menjadi perhatian nasional dan internasional.

Sejak tahun 2023, langkah-langkah telah diambil untuk mendukung pencapaian target emisi hingga tahun 2030 dan pencapaian target Jakstrada, termasuk penanganan sampah sebesar 70% dan pengurangan sampah sebesar 30% hingga tahun 2024. Oleh karena itu, komitmen untuk mengelola sampah terpadu dari hulu ke hilir serta pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berwawasan lingkungan sangatlah penting.

Baca Juga  Bupati Tanah Bumbu Resmikan Kantor Desa Kupang Berkah Jaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *