Pemkab Tanbu Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 Secara Virtual

Asiasatunews.com, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) ikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2023 secara virtual.

Rakornas mengusung tema “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”.

Bupati Zairullah Azhar mewakili Pemkab Tanbu dalam acara tersebut, yang juga dihadiri oleh Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Airlangga menyatakan bahwa hasil sinergi antara pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan Bank Indonesia telah berhasil mengendalikan inflasi Indonesia.

Angka inflasi pada Juli 2023 mencapai 3,08 persen, angka yang lebih baik dibandingkan dengan sejumlah negara G20 lainnya.

Terkait inflasi ini ditekankan kebijakan 4K, yaitu keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan komunikasi efektif, menjadi fokus dalam pengendalian inflasi.

Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi kepada Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) atas keberhasilan mereka dalam mengendalikan inflasi hingga mencapai 3,8 persen pada bulan Juli 2023. Keberhasilan ini terjadi berkat sinergi antara otoritas moneter, otoritas fiskal, dan tim pengendali inflasi yang aktif melakukan pengecekan di lapangan.

Selain itu, dalam acara ini juga diumumkan peraih TPID Award 2022, di mana Kabupaten Landak meraih TPID Kabupaten/Kota Berprestasi 2022 Wilayah Kalimantan, Kota Tarakan menjadi TPID Kabupaten/Kota Terbaik 2022 Wilayah Kalimantan, dan Provinsi Kalimantan Selatan dinobatkan sebagai TPID Provinsi Terbaik 2022 Wilayah Kalimantan. (Red)

Baca Juga  DPMPTSP Tanbu Bertransformasi ke Era Baru Pelayanan Perizinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *