Pemkab Tanbu Dapat Penghargaan Bergengsi dari BKKBN atas Penurunan Angka Stunting

Asiasatunews.com, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) meraih penghargaan prestisius dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), yang menandai keberhasilan mereka sebagai juara pertama dalam kategori “Mitra Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting Terbanyak” untuk tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala BKKBN Pusat, Hasto Wardoyo, kepada perwakilan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Tanbu, Ambo Sakka, atas nama Bupati Zairullah Azhar. Acara penganugerahan ini berlangsung pada Kamis (18/4/2024) dalam rangka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2024.

Rakerda tersebut merupakan inisiatif dari BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan dan diadakan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin. Dalam acara ini, tema yang diangkat adalah “Kalimantan Selatan Bergerak Untuk Optimalisasi Bonus Demografi dan Peningkatan SDM Menuju Indonesia Emas 2045”.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel, Ir. Ramlan, menjelaskan bahwa tujuan dari Rakerda ini adalah untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara semua pihak terkait, baik dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota, dalam upaya percepatan pencapaian sasaran program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Kalimantan Selatan. Dia juga menekankan pentingnya optimalisasi peran dinas dan instansi terkait dalam mencapai penurunan angka stunting.

“Tentu juga akan mengoptimalisasikan peran dinas dan instansi terkait dalam percepatan penurunan stunting melalui program-program yang telah di tetapkan, ” ujarnya.

Sekretaris Daerah Tanbu, Ambo Sakka, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam meraih penghargaan tersebut, khususnya kepada Ketua Tim Pendamping Penurunan Stunting (TPPS), yang dijabat oleh Ketua TP PKK Tanbu, Hj. Wahyu Windarti, atas upaya kerasnya dalam lapangan. Dia berharap bahwa prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi semua pihak untuk terus meningkatkan kinerja, dengan harapan dapat menekan angka stunting di Tanah Bumbu hingga di bawah 14 persen.

Baca Juga  Optimalisasi Respon Bencana: BPBD Tanbu Luncurkan "Cewe Medsos"

“Semoga apa yang kita peroleh di tahun 2023 mampu menjadi motivasi besar. Sehingga bisa kita tingkatkan lebih baik lagi. Tentunya angka Stunting di Tanah Bumbu mampu kita tekan hingga di bawah 14 persen, ” ucapnya.

Rakerda ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Kepala BKKBN Pusat, Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (k), Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. Roy Rizali Anwar, serta para Bupati dan Walikota se Kalimantan Selatan. Turut hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Dr. H. Ambo Sakka, M.Pd, yang didampingi oleh Kepala Dinas DP3P2KB, Erli Yuli Susanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *