Pemkab Tanah Bumbu Terus Komitmen pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Asiasatunews.com, Batulicin  – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) terus menunjukkan komitmen aktif dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs). Kepala Bappedalitbang Kabupaten Tanah Bumbu, Andi Anwar Sadat, S.Pi, bersama Kepala Bidang Ekosdainfraswil, membuka Kegiatan Workshop dan Sosialisasi SIAP TPB/SDGs di Lingkungan Pemkab Tanbu Tahun 2023, Kamis (21/9/2023).

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari hasil sosialisasi Aplikasi Sistem Analisa Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SIAP TPB/SDGs) Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 3 Agustus 2023. Dalam rangka ini, Pemkab Tanbu, melalui masing-masing SKPD, harus mandiri mengisi target di dalam matrik 1 dan matrik 2B.

Selain itu Kegiatan ini bertempat di Ruang Rapat Ismet Ahmad, Kantor Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, turut hadiri Bapak Dr. Ir. Ariadi Noor, M.Si, selaku Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan.

Dalam berbagai aspek, Andi Anwar Sadat menegaskan bahwa TPB atau SDGs adalah agenda pembangunan global yang wajib mengikutinya oleh semua negara, termasuk Indonesia. Pencapaian target TPB sebagai agenda global tidak hanya bergantung pada pemerintah pusat, tetapi juga pada tingkat kabupaten/kota dan bahkan komunitas.

“Dalam konteks perencanaan pembangunan daerah, pencapaian TPB menjadi isu yang harus terintegrasi dalam dokumen perencanaan dan pemetaan potensi lokal. Oleh karena itu, semua aktor harus berperan dalam pemetaan potensi dan permasalahan yang berkaitan dengan TPB, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” jelasnya.

Selanjutnya Pemkab Tanbu telah menyusun RAD TPB/SDGs 2021-2026 yang inklusif, terintegrasi, dan partisipatif untuk semua. Rencana Aksi ini mencakup 17 tujuan yang dituangkan dalam 4 pilar pembangunan.

Terkait RAD TPB/SDGs, telah terintegrasi dalam dokumen perencanaan RPJMD, Renstra, RKPD, sejalan dengan visi, misi, sasaran, dan indikator pembangunan daerah. Selanjutnya, Pemkab Tanbu sedang melakukan penyusunan laporan terhadap ketercapaian dari matrik yang telah di rencanakan, khususnya untuk tahun 2021-2022.

Baca Juga  Suksesnya Bimtek Pendataan Perpustakaan se-Kalsel di Tanah Bumbu

“Karena itu dalam rangka mendukung pelaksanaan SIAP TPB, Pemkab Tanbu mengadakan workshop SIAP TPB bersama SKPD di Kabupaten tersebut. Hal ini harapannya dapat memudahkan dan mempercepat penginputan matrik sesuai dengan yang di tetapkan oleh Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Sementara itu Pemkab Tanbu mengucapkan terima kasih kepada Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi narasumber dan memfasilitasi acara ini. Semua peserta supaya mengikuti kegiatan ini dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab terhadap pencapaian target dalam aplikasi SIAP TPB.

Acara ini dibawakan oleh narasumber dari BAPPEDA Provinsi Kalsel, para peserta Workshop SIAP TPB, dan Tim Ekosdainfraswil Kabupaten Tanah Bumbu. Pemkab Tanbuberkomitmen untuk terus bekerja keras dalam mewujudkan TPB dan mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat lokal. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *