Pelatihan Gulben 2023: Kodim 1022/Tanah Bumbu Bersinergi dengan BPBD

Asiasatunews.com, Batulicin – Kodim 1022/Tanah Bumbu selenggarakan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Gulben) tahun 2023 bersinergi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanakan di Makodim 1022/Tnb, Kamis (9/11/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung selama empat hari yang didahului dengan upacara pembukaan, pemberian materi dan dilanjutkan praktik di lapangan yang dilakukan di beberapa tempat dan yang melibatkan ±150 relawan, baik dari TNI, Polri, BPBD, instansi pemerintah dan masyarakat.

Materi kegiatan tersebut pun langsung diberikan dari ahli di bidangnya masing-masing, yaitu Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Provinsi Kalsel Zulfatah, Kabid Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Bpk Ariansyah, Kasat Semapta Polres Tanah Bumbu Aiptu Ruslan, Kepala Polkes Kodim 1022/Tnb Dr Shinta Kartika Nur Aisah.

Saat di lapangan, para peserta dilatih simulasi cara dan tehnik penanggulangan kebakaran oleh Manggala Agni Batulicin serta kegiatan water rescue oleh Tim Siaga SAR Basarnas Tanah Bumbu.

Dandim 1022/Tnb Letkol Inf Aldin Hadi, S H., m.Tr (Han) menjelaskan, latihan penanggulangan bencana alam ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ketika menghadapi bencana di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Satuan TNI, diharapkan bisa memberikan pelatihan kepada instansi lain dan Masyarakat, agar memiliki kesiapsiagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang datang tak terduga,” tegasnya.

Lebih lanjut, Dandim berharap Kodim 1022/Tnb bisa lebih meningkatkan kemampuan dalam prosedur pengambilan keputusan taktis, yang di dalamnya berisikan hubungan kerja antara komandan dan anggota agar senantiasa selalu siap setiap saat.

Sementara itu, Pasi Ops Kodim 1022/Tnb Kapten Inf Sahlan menyampaikan, latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan ini, merupakan sarana untuk belajar agar mampu menghadapi potensi kemungkinan terjadinya bencana alam kapanpun dan di manapun.

Baca Juga  Dua WNA China di Tanah Bumbu Diserahkan ke Kantor Imigrasi karena Ketidaklengkap Dokumen Keimigrasian

“Pelatihan ini untuk melatih kesiapsiagaan personel dan masyarakat kita, dalam menghadapi dan mengatasi kemungkinan adanya bencana alam di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” ungkap Pasi Ops.

Menurutnya, latihan ini sangat penting. Pasalnya selain untuk melatih kesiapsiagaan personelnya. “Kita inginkan prajurit jajaran Kodim 1022/Tnb terbiasa dan dapat bertindak tepat, cepat dalam menyikapi setiap perkembangan situasi di wilayah,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *