Pelaku Usaha Konstruksi Tanah Bumbu Terlibat dalam Bimtek e-Purchasing

Asiasatunews.com, Batulicin –  Pada Senin (18/3/2024), puluhan pelaku usaha di sektor jasa konstruksi di Kabupaten Tanah Bumbu menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) e-Purchasing. Acara ini berlangsung di Ruang Bersujud 1, Kantor Bupati Tanah Bumbu dan dibuka secara resmi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Eryanto Rais, mewakili Bupati Zairullah Azhar.

Bimtek e-Purchasing diadakan sebagai langkah dalam rangka menjalankan amanat Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung gerakan nasional “Bangga Buatan Indonesia” dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Muhammad Yusri, Sekretaris Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu, menyatakan, “Bimtek ini penting untuk memastikan pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 mengenai jasa konstruksi.”

Pembinaan terhadap pelaku pengadaan di sektor konstruksi merupakan langkah penting dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan industri tersebut. Hal ini sangat relevan dalam konteks penciptaan tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing, yang merupakan modal kesuksesan pembangunan infrastruktur.

Yusri menambahkan, “Kualitas konstruksi sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusia yang terlibat dalam proses tersebut.”

Dengan melibatkan 76 Badan Usaha di sektor Jasa Konstruksi di Kabupaten Tanah Bumbu, Bimtek e-Purchasing diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam mewujudkan good governance, serta meningkatkan efektivitas dan transparansi sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah. Ini juga merupakan komitmen untuk mendukung penggunaan produk-produk dalam negeri.

Menyambut baik pelaksanaan Bimtek e-Purchasing, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Eryanto Rais, menyatakan, “Kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam mewujudkan good governance dan mendukung penggunaan produk dalam negeri. Pengadaan barang dan jasa pemerintah memiliki peran penting dalam pembangunan nasional serta peningkatan pelayanan publik dan perekonomian.”

Baca Juga  Rumah Oleh-Oleh Bersujud Tanah Bumbu, Inisiatif Baru dalam Mendukung UMKM

Implementasi e-Purchasing diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pengadaan produk barang dan jasa, melalui penerapan teknologi elektronik. Hal ini penting karena dapat memudahkan akses bagi semua pihak yang terlibat, serta berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Rais juga menekankan pentingnya partisipasi aktif peserta dalam Bimtek e-Purchasing ini. “Harapannya, peserta dapat memahami dan mengaplikasikan e-katalog bidang konstruksi secara efektif dan efisien,” tandasnya. Langkah ini diharapkan tidak hanya akan memajukan industri konstruksi lokal, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *