Musrenbang RKPD 2025 : Kabupaten Tanbu Segera Susun Rencana Pembangunan Berkelanjutan

Asiasatunews.com, Batulicin – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk tahun 2025 telah digelar di Gedung Mahligai Bersujud pada hari Rabu (o3/04/2024).

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Tanbu ini mengusung tema “Penguatan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) yang Mendukung Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development)”.

Bupati Zairullah Azhar secara resmi membuka Musrenbang RKPD Tahun 2025 tersebut, menandai dimulainya forum penting ini. Menurut Kepala Bappedalitbang Tanbu, Andi Anwar Sadat, Musrenbang merupakan forum koordinasi antar pemangku kepentingan dalam menyampaikan aspirasi pembangunan serta memberikan masukan terhadap dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kabupaten Tanbu.

“Tersusunnya dokumen RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 Kabupaten Tanbu yang memenuhi harapan dan kebutuhan para pemangku kepentingan. Serta mendukung tercapainya tujuan pembangunan Tanbu,” katanya.

Dalam sambutannya, Bupati Zairullah Azhar menyatakan bahwa Musrenbang tingkat Kabupaten Tanbu adalah tindak lanjut dari Musrebang tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan yang telah berlangsung sebelumnya.

“Dalam rangka memberikan saran dan masukan terkait dengan RPJPD tahun 2025. Juga bertujuan untuk membuka wacana di tahun 2025 untuk menentukan langkah kedepan,” kata Bupati.

Beliau menambahkan bahwa meskipun tahun 2025 adalah tahun politik dan beberapa kegiatan mengalami penurunan serta ada anggaran yang dialokasikan untuk pemilihan umum, di tahun berikutnya Kabupaten Tanbu akan memperoleh dana lebih untuk dilakukan pembangunan, termasuk di bidang infrastruktur, sosial budaya, dan bidang lainnya.

“Mengingat tahun ini adalah tahun politik. Beberapa kegiatan sedikit berkurang dan ada anggaran yang masuk ke Pemilu Pilpres, maupun Pilkada. Tahun depan, InsyaAllah, kita punya dana lebih, dan akan kita lakukan pembangunan di tahun berikutnya. termasuk bidang infrastruktur, sosial budaya, dan bidang-bidang lain yang memang harus kita lakukan,” ungkap Bupati.

Baca Juga  Pemkab Tanbu Luncurkan Program Pengasuhan Anak Stunting di Kecamatan Angsana

Setelah selesai Musrenbang ini, RKPD akan disusun berdasarkan hasil dari forum tersebut. Poin-poin penting dari Musrenbang kecamatan akan dipilah dan dianggarkan sesuai dengan pagu yang telah ditetapkan.

Turut hadir dalam acara ini Forkopimda, DPRD Tanbu, Sekda Tanbu, serta perwakilan Bappeda Kalsel melalui Zoom Meeting. Hadir juga Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tanbu, Instansi Vertikal, Camat, Lurah, perwakilan lembaga atau forum lainnya, masyarakat, dan undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *