Meningkatkan Manfaat Program Perpustakaan Keliling untuk Anak-Anak di Kabupaten Tanah Bumbu

Asiasatunews.com, Batulicin – Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi dan menginspirasi kecintaan terhadap buku pada anak-anak, Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Kabupaten Tanah Bumbu telah secara rutin mengunjungi Sekolah Dasar di berbagai wilayah, dengan kunjungan terbaru dilaksanakan pada Selasa, 25 Juli 2023.

Pada kesempatan kali ini, SDN Binawara dan SDN Pacakan di Kecamatan Kusan Hulu menjadi dua sekolah yang menyambut dengan penuh kegembiraan kunjungan istimewa dari perpustakaan keliling ini. Kegiatan tersebut berhasil menyentuh hati 164 murid dan guru pendamping yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu, Yulia Ramadhani, serta Kepala Bidang PLPBP, Alden Ibrahim, dengan penuh antusias menyambut kedatangan anak-anak di sekolah-sekolah tersebut. Mereka memperkenalkan beragam buku dan bahan bacaan menarik dengan harapan dapat meningkatkan minat baca dan cinta terhadap buku di kalangan anak-anak.

Dalam kesempatan tersebut, Alden Ibrahim menyoroti pentingnya Layanan Perpustakaan Keliling ini. Dia menjelaskan bahwa program ini memiliki efektivitas dalam mendekatkan bahan bacaan kepada anak-anak yang sulit mengakses perpustakaan secara langsung.

“Perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan perpustakaan umum daerah yang mendatangi/mengunjungi pembacanya dengan menggunakan mobil,” ujar Alden.

Menambahkan penjelasan tersebut, Yulia Ramadhani menjelaskan bahwa perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpustakaan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh perpustakaan umum. Melalui kegiatan ini, diharapkan semakin banyak anak-anak yang dapat menikmati manfaat dari layanan perpustakaan, terutama mereka yang berada di daerah terpencil.

Kunjungan Layanan Perpustakaan Keliling ini menjadi titik fokus pelayanan, dengan mencapai sebanyak 40 titik setiap bulannya di 12 Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Program ini telah memberikan dampak positif bagi anak-anak di wilayah terpencil dalam mengakses bahan bacaan berkualitas.

Baca Juga  Ketua TP-PKK Kabupaten Tanbu Tinjau Persiapan Kompetisi PHBS Tingkat Provinsi

Dalam kunjungannya ke SDN Binawara dan SDN Pacakan, tim perpustakaan keliling juga mengadakan kegiatan menarik, seperti baca cerita, diskusi buku, dan permainan literasi. Anak-anak dengan gembira berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, yang tidak hanya edukatif tetapi juga menyenangkan.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan perpustakaan keliling ini. Anak-anak kami sangat senang dan antusias untuk membaca buku-buku baru yang disediakan,” ucap salah seorang guru di SDN Binawara.

Semangat anak-anak dalam mengeksplorasi dunia literasi menunjukkan dampak positif dari program ini. Harapan besar terletak pada terbukanya wawasan dan pengetahuan baru bagi mereka melalui buku-buku yang kaya akan ilmu dan cerita inspiratif.

Program perpustakaan keliling Kabupaten Tanah Bumbu telah berhasil mendekatkan buku kepada semua kalangan, memberikan inspirasi dan pengetahuan bagi generasi muda. Semoga, program ini dapat terus berjalan dan memberikan manfaat yang lebih luas bagi anak-anak di wilayah ini. Melalui komitmen dan kerjasama yang kuat dari semua pihak terkait, program ini akan semakin meningkatkan literasi di wilayah ini dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak Kabupaten Tanah Bumbu. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *