Mengenang Perjuangan Para Pahlawan: Upacara dan Ziarah dalam Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 di Tanah Bumbu

Asiasatunews.com, Batulicin – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Ambo Sakka, memimpin upacara dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Mattone, Kecamatan Kusan Hilir. Kamis (17/8/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Ambo Sakka turut mendampingi oleh unsur Forkopimda Kabupaten Tanah Bumbu. Upacara ini juga dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), serta Organisasi Wanita setempat.

 

Salah satu momen bersejarah ini juga menjadi kesempatan bagi masyarakat Tanah Bumbu untuk bersama-sama mengenang perjuangan para Pahlawan yang telah berjuang dan mengorbankan jiwa dan raga demi merebut Kemerdekaan Indonesia. Kegiatan ziarah ini merupakan wujud penghormatan dan penghargaan kepada para Pahlawan yang telah memberikan sumbangan besar dalam sejarah perjuangan bangsa.

Selanjutnya setelah upacara selesai rombongan melanjutkan dengan menaburkan bunga di makam-makam para Pahlawan yang berada di TMP Mattone.

Sementara itu melalui kegiatan ini, masyarakat Tanah Bumbu mengingatkan kembali makna sebenarnya dari perjuangan oleh para Pahlawan. Semangat kemerdekaan dan tekad untuk menjaga keutuhan melalui partisipasi aktif dalam acara seperti ini.

 

Semangat peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 terlihat begitu kental dalam kegiatan upacara dan ziarah ini. Harapannya, semangat ini akan terus hidup dalam setiap warga Tanah Bumbu. Serta menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berkontribusi dalam memajukan Indonesia yang lebih baik.

Baca Juga  Bapenda Tanbu Resmi Rilis Aplikasi Dashboard

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *