Mencegah Rabies: Vaksinasi Serentak oleh DKPP Tanbu

Asiasatunews.com, Batulicin – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Bidang Peternakan telah mengadakan gerakan vaksinasi rabies secara bersamaan.

Kegiatan ini dilangsungkan di beberapa Kecamatan di Bumi Bersujud pada Sabtu (7/10/2023).

Hairuddin, Kepala DKPP Tanbu, membuka acara vaksinasi rabies serentak tersebut, didampingi oleh para pejabat fungsional DKPP Tanbu, termasuk Kepala Bidang Peternakan Kesehatan Hewan.

Hairuddin, Kepala DKPP Tanbu, menjelaskan bahwa gerakan vaksinasi rabies serentak ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan terjadinya rabies. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan langkah perlindungan bagi hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing, agar tetap terhindar dari rabies.

“Ia menambahkan, meskipun Tanbu belum pernah mengalami kasus rabies, kita harus tetap waspada karena gigitan hewan yang terinfeksi rabies sangat berbahaya bagi manusia,” ujarnya.

Andrie J Tenggara, Kepala Bidang Peternakan DKPP Tanbu, menyebutkan bahwa total vaksinasi rabies secara serentak dilakukan di empat lokasi, dengan jumlah keseluruhan sebanyak 657 ekor, terdiri dari 378 ekor anjing, 278 ekor kucing, dan 1 ekor monyet.

Vaksinasi Rabies serentak dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga 12.00 Wita dan mencakup beberapa lokasi, yaitu Kantor DKPP Tanbu, Puskeswan Manunggal Kecamatan Karang Bintang, Puskeswan Sebamban Kecamatan Sungai Loban, serta Puskeswan Kecamatan Angsana.

Kegiatan ini juga berkesempatan untuk memperingati Hari Rabies Se-Dunia, yang diperingati setiap tanggal 28 September. Tema Hari Rabies se-Dunia 2023 adalah “All for 1, One Health for All” (Semua untuk satu, dan satu kesehatan untuk semua).

Melalui vaksinasi ini, masyarakat diharapkan akan terlindungi dari bahaya Rabies yang dapat ditularkan melalui hewan pembawa rabies.

Baca Juga  Bupati Zairullah Pimpin Rakor Penanganan Covid 19, di Ikuti Sejumlah Karyawan Perusahaan Tambang Batubara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *