Memperkuat Kemitraan Pemkab Tanah Bumbu Kunjungi BPS Konsultasikan Penyusunan Ekonomi Makro 2023

Asiasatunews.com, Banjarmasin – Pemkab Tanah Bumbu (Tanbu) melalui DiskominfoSP, bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Tanbu kunjungi BPS Provinsi Kalsel, Jumat (4/8/2023). Kunjungan tersebut dalam rangka konsultasi dan ekspose penyusunan Indikator Ekonomi Makro (IME) Tanah Bumbu tahun 2023.

Kepala DiskominfoSP Tanbu Hj Mariani mengatakan DiskominfoSP sebagai mitra kerja BPS Tanbu dalam hal konsultasi penyusunan Indikator Makro Ekonomi Tanah Bumbu tahun 2023.

 

“Selain sebagai wahana menjalin silaturahmi. Pertemuan tersebut juga untuk memperkuat koordinasi dalam pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral. Dalam rangka memperbaiki proses pengumpulan data dan memastikan kesinambungan dalam menghasilkan statistik yang akurat dan terpercaya,” kata Hj Mariani.

Menurut Kepala DiskominfoSP Tanbu tersebut, evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral penting di lakukan dalam mendukung pembangunan Tanah Bumbu.

Karena statistik yang akurat dan terpercaya merupakan landasan penting dalam pengambilan keputusan yang berdampak langsung pada masyarakat dan perekonomian daerah.

Kepala BPS Tanbu Ihsan Nulhakim menambahkan pertemuan dengan BPS Kalsel tersebut menjadi momen penting bagi kedua belah pihak.

 

“Penting, guna berbagi informasi dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di Tanbu,” kata Ihsan Nulhakim.

Ia membeberkan bahwa BPS Tanbu dan DiskominfoSP memiliki kesamaan persepsi dalam penyediaan dan publikasi data statistik sektoral.

Untuk itu, jalinan kemitraan yang baik antara kedua belah pihak sangat di perlukan. Sehingga, BPS Tanbu memerlukan pendampingan DiskominfoSP dalam hal konsultasi penyusunan IME 2023.

Sementara itu, Kepala BPS Kalsel, Martin Wibisono menyambut baik kunjungan tersebut dan mengapresiasi upaya yang di lakukan untuk memperkuat kerja sama antara BPS dan DiskominfoSP di Bumi Bersujud.

BPS menyambut baik Komitmen DiskominfoSP Tanbu dalam mendukung pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral dengan menyediakan akses data yang di butuhkan. Serta berkolaborasi dalam proses pengumpulan dan analisis data.

Baca Juga  Bupati Tanbu Bagikan Doorprize di Majelis Lailatul Jumat di Masjid Darul Azhar

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak berbagi pengalaman dan tantangan yang di hadapi dalam pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral.

Mereka membahas upaya-upaya yang dapat di lakukan untuk meningkatkan kualitas data. Termasuk peningkatan sumber daya manusia, penggunaan teknologi informasi yang canggih, serta peningkatan koordinasi dengan stakeholder terkait.

Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yaitu Indeks Pembangunan Statistik (IPS) akan di sampaikan ke masing-masing instansi pusat, Kementrian, dan Pemerintah Daerah.

Kunjungan yang di lakukan itu, juga menjadi kesempatan bagi BPS Tanbu dan DiskominfoSP untuk menjalin kemitraan yang lebih erat. Dalam rangka menyusun rencana aksi bersama untuk meningkatkan pelaksanaan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral di masa depan.

Kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan pertemuan rutin dan memperkuat serta saling koordinasi guna mencapai tujuan bersama.

Kemudian, dengan adanya komunikasi yang baik itu, maka evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral di Tanah Bumbu akan semakin baik demi terwujudnya Satu Data Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *