Langkah Inovatif Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam Meningkatkan Keamanan Siber

Asiasatunews.com, Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), meluncurkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT). CSIRT tersebut guna meningkatkan keamanan pada situs Pemerintah.

Peluncuran CSIRT di Ruang Digital Live Room, Rabu (15/11/2023).

luncurkan CSIRT

Selain itu, peluncuran ini juga sebagai upaya inovatif memperkuat pertahanan siber di era digital yang semakin kompleks.

Keamanan siber yang kuat menjadi salah satu prioritas utama pemerintah.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dalam sambutan yang di bacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, M Putu Wisnu Wardhana mengatakan, ini merupakan hal yang luar biasa dan patut di apresiasi.

“Dalam melaksanakan tujuan Negara kita ini, tentu tidak lepas dari cyber. Di Era sekarang ini, kita hidup dengan percepatan-percepatan teknologi, dan saat ini kita menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” jelasnya.

Selain itu, menurutnya keamanan informasi merupakan bisnis yang menarik, yang kita sadari bahwa semua yang terhubung kejaringan tidak ada yang aman 100%.

“Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, skala ancaman semakin luas. Maka dari itu, kita harus siaga menghadapi segala jenis ancaman kejahatan cyber,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo SP, Al Husain Mardani mengatakan serangan cyber merupakan sebuah konsekuensi dari proses transformasi digital.

“Dalam setiap proses TanahBumbuKab-Csirt melakukan tugas monitoring, menerima, meninjau dan menanggapi,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut turut pula hadir dari perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, dan juga perwakilan dari Keamanan Siber dan Sandi Negara Pemerintah Daerah.

Baca Juga  Darurat Banjir: BPBD Tanah Bumbu Bergerak Cepat Evakuasi Warga Terdampak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *