Gerakan Penanaman Pohon Massal Meriahkan Kawasan Industri Batulicin

Asiasatunews.com, Batulicin – Penanaman pohon secara massal di seluruh Indonesia terus berlangsung. Kali ini, kegiatan dilakukan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kawasan Industri Batulicin (KIB), Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kegiatan penanaman pohon massal ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan bersama Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Wilayah Kalsel.

Acara Kick Off Penanaman di RTH KIB dihadiri oleh Direktur Jenderal Planologi dan Tata Lingkungan KLHK, Hanif Faisol Nurofiq, pada Kamis (07/03/2024). Dirjen didampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kalsel Roy Rizali Anwar, dan Bupati Tanbu Zairullah Azhar.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen Planologi dan Tata Lingkungan KLHK, Hanif Faisol Nurofiq, menyatakan bahwa hari ini seluruh jajaran KLHK, bersama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, serta seluruh komponen masyarakat, turut melaksanakan penanaman pohon secara massal di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia pada acara penanaman pohon oleh pejabat KemenLHK, Pusat, dan Daerah, serta melibatkan Staf UPT KLHK, Dinas LHK, ASN, dan masyarakat umum keluarga ASN di seluruh provinsi di Indonesia pada bulan November 2023.

“Hari ini merupakan acara yang ke-Empat dari rangkaian penanaman pohon serentak. Kegiatan pertama di pimpin Presiden RI di Jakarta. Ke-Dua di pimpin Wakil Presiden di Banten, ke-Tiga di pimpin Menteri LHK di Cianjur,” katanya.

Pada bulan Maret ini, kegiatan penanaman pohon massal dilakukan sebagai bagian dari awal musim penghujan dan sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Bhakti Rimbawan ke-41 tahun 2024 yang diperingati setiap 16 Maret.

Penanaman ini bertujuan sebagai upaya mitigasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup, dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan. Selain itu, juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas lingkungan dengan menambah jumlah pohon dan meningkatkan pemahaman masyarakat umum tentang program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya penanaman pohon.

Baca Juga  Dinas Sosial Tanbu Salurkan Bantuan untuk Penyandang Disabilitas di Beberapa Kecamatan

“Pohon memiliki manfaat multiguna untuk manusia dan seluruh mahluk hidup,” ujarnya.

Terkait lokasi penanaman pohon di RTH KIB, Hanif mengatakan bahwa lokasi tersebut sangat strategis karena berada di tengah-tengah kota. Dia yakin bahwa Batulicin akan berkembang pesat dengan potensi ekonomi yang dimilikinya.

“Batulicin ini tidak akan lama lagi berkembang pesat dengan di gagasnya Kawasan Ekonomi Khusus,” ucapnya.

Dia menambahkan, jika kita pernah mengunjungi Central Park New York yang luasnya hanya 300 Ha. Saat ini, kita memiliki lahan RTH seluas 500 Ha di Tanah Bumbu. Maka, tidak ada alasan untuk tidak berangan-angan bahwa Batulicin akan menjadi daerah maju dengan segala potensi ekonominya. Dan tidak ada salahnya jika kita mulai mempersiapkannya sekarang.

Central Park dibangun sekitar 100 tahun yang lalu. Pada saat itu, New York tidak seperti sekarang. Sekarang New York menjadi tempat wisata yang dikunjungi oleh jutaan orang.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Roy Rizali Anwar, mengatakan bahwa program revolusi hijau yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mampu mempercepat penghijauan dalam cakupan lahan yang luas.

Dalam kurun waktu 2013 hingga 2022, Kalsel berhasil menurunkan lahan kritis dari 184 ribu Ha menjadi 458 ribu Ha dari total 642 ribu Ha.

“Semangat menanam yang kita bangun hari ini dan kemarin sudah cukup memberikan rasa optimis dan harapan besar bahwa kita mempunyai kesempatan besar membangun kondisi lingkungan yang lebih baik,” katanya.

Oleh karena itu, ajak Sekda, mari kita bersama-sama memupuk semangat menanam. Mari kita tanamkan kesadaran bahwa setiap batang pohon yang kita tanam adalah bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Baca Juga  Diskumdagri Tanbu Awasi UTTP di SPBU demi Perlindungan Konsumen

Inilah cara kita menjaga keberlangsungan hidup yang lebih baik bagi anak cucu kita di masa depan.

Bupati Tanbu, Zairullah Azhar, menyatakan bahwa pihaknya dan Pemerintah Kabupaten Tanbu mendoakan agar program ini mendatangkan berkah bagi semua.

“Pemkab Tanbu bersama dunia usaha akan mendukung secara penuh program ini,” katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa program KLHK selaras dengan program Pemerintah Kabupaten Tanbu. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Tanbu sedang melakukan penghijauan di sepanjang jalan.

“Harapan kami sepanjang jalan menjadi teduh,” ucapnya.

Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Fathimatuzzahra, mengatakan bahwa penanaman pohon massal di seluruh Indonesia sesuai dengan arahan Presiden RI untuk menanam pohon selama musim hujan dan berkolaborasi dengan semangat Hari Bakti Rimbawan 2024.

Di Kalsel, kegiatan ini dilaksanakan di salah satu bagian Kawasan Industri Batulicin. Rencananya, akan ada penanaman pohon di RTH seluas 80 Ha.

Kegiatan hari ini juga dijadikan sebagai kick off penanaman di RTH pada KIB dengan penanaman awal di area seluas 4,5 Ha dengan jumlah bibit sebanyak 4 ribu batang pohon.

“Ini akan di tanam semaksimal mungkin sampai 500 Ha. Kami harap dukungannya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *