Diskominfo SP Tanbu Memantau Program SDSM di Desa Kerta Buana, Kecamatan Sungai Loban

Asiasatunews.com, Batulicin – Pada Jumat, 14 Juli 2023, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melakukan monitoring terhadap Program Satu Desa Satu Masjid (SDSM) di Desa Kerta Buana, Kecamatan Sungai Loban. Monitoring tersebut dipimpin langsung oleh Kepala DiskominfoSP, Hj Mariani, beserta stafnya.

Kedatangan tim DiskominfoSP di Desa Kerta Buana disambut oleh Camat Sungai Loban dan Kepala Desa setempat. Hj Mariani menyatakan bahwa tujuan kunjungan DiskominfoSP Tanbu ke Desa Kerta Buana adalah untuk memantau program unggulan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanbu.

“Kunjungan ini juga merupakan kesempatan untuk menjalin silaturahmi dengan penyelenggara kegiatan SDSM di Desa Kerta Buana,” ungkap Hj Mariani.

Sementara itu, Camat Sungai Loban, Agus Salim, menjelaskan bahwa jumlah kepala keluarga (KK) umat Muslim di Desa Kerta Buana adalah sebanyak 28 KK dari total 100 jiwa penduduk. Program SDSM diikuti oleh 16 anak, terdiri dari 6 laki-laki dan 10 perempuan.

Agus Salim juga menjelaskan bahwa anak-anak yang mengikuti program SDSM memiliki kegiatan menginap di masjid pada hari Kamis, Jumat, dan Sabtu. Namun, santriwati hanya dapat mengikuti kegiatan sampai salat Isya saja. Mereka yang menginap akan bermalam di Mushola Bahrul Ulum, dengan tenaga pengajar yang berasal dari desa tetangga.

Kepala Desa Kerta Buana, I Wayan Katon, menambahkan bahwa warga non-Muslim di desanya sangat mendukung program yang digagas oleh Bupati Zairullah Azhar. Meskipun mayoritas penduduk Desa Kerta Buana menganut agama Hindu, namun mereka memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Program SDSM.

Desa Kerta Buana, yang terletak di Kecamatan Sungai Loban, menjadi salah satu contoh bagaimana program SDSM dapat diterima dengan baik oleh masyarakat meskipun beragama berbeda. Hal ini menunjukkan keragaman dan toleransi yang ada di Kabupaten Tanbu dalam mendukung upaya pemerintah daerah untuk memajukan pembangunan dan kesejahteraan seluruh masyarakatnya. (Hdr)

Baca Juga  Tingkatkan Ekonomi Warga Lingkar Tambang, PT BIB Wujudkan Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *