Dinas Sosial Tanbu Sosialisasikan Implementasi Program Bantuan Sosial Non Tunai 2024

Asiasatunews.com, Batulicin – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar sosialisasi dan edukasi terkait implementasi Program Bantuan Sosial (Bansos) Reguler, rabu (15/5/2024). Acara ini berlangsung di Aula Dinsos Tanbu dan bertujuan untuk mempercepat akselerasi ekosistem ekonomi digital di daerah tersebut.

Acara ini didasarkan pada Surat Kepala Divisi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Selatan dengan Nomor 26/316/BJM/Srt/B, yang menekankan pentingnya sosialisasi dan edukasi Program Bantuan Sosial Non Tunai.

Azhar Hanafi, Koordinator Kabupaten Program Keluarga Harapan (PKH), melaporkan bahwa acara tersebut dihadiri oleh 50 peserta. Mereka terdiri dari pendamping, penerima manfaat PKH (KPM), dan agen, yang semuanya merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung sinergi antara Bank Indonesia dan Pemerintah dalam memajukan program elektronifikasi, terutama melalui Program Bantuan Sosial Non Tunai seperti Program Sembako dan PKH, yang juga melibatkan Bank Himbara.

Sebagai bagian dari dukungan terhadap program ini, Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalimantan Selatan akan terus mengadakan kegiatan sosialisasi dan edukasi. Para pendamping dan perwakilan KPM akan berkolaborasi dengan Dinas Sosial dan Bank Himbara dalam penyaluran program bantuan sosial non tunai.

Dalam sambutannya, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Eka Saprudin, menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Ia berharap jumlah penerima manfaat akan terus menurun, yang menandakan berkurangnya angka kemiskinan di Tanah Bumbu.

“Kita berharap jumlah penerima manfaat ini, semakin lama semakin menurun, yang berarti orang miskin di Tanah Bumbu itu sudah tidak ada lagi,” ujarnya.

Pada tahun 2023, jumlah penerima PKH di Tanah Bumbu mencapai 4.960 keluarga, dengan 3.985 keluarga mendapatkan bantuan dari Himbara dan 975 keluarga dari PT.Pos.

Baca Juga  Pemkab Tanah Bumbu dan BPS Tanbu Kolaborasi dalam Penyusunan Indikator Ekonomi Makro untuk Tahun 2023

Sosialisasi dan materi program disampaikan oleh Candra Agusta, Analis Junior dari BI Provinsi Kalimantan Selatan, bersama timnya. Mereka memberikan informasi dan wawasan yang penting bagi para peserta untuk mendukung implementasi Program Bantuan Sosial Non Tunai di Tanah Bumbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *