Bupati Tanah Bumbu Buka Festival Belajar.ID dan Soroti Pendidikan Berkualitas

Asiasatunews.com, Batulicin – Gelaran Festival Belajar.ID di Kabupaten Tanah Bumbu pada Selasa (17/10/2023) dibuka oleh Bupati HM Zairullah Azhar. Acara ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Tanbu dan berlangsung di Pendopo Serambi Madinah, berdekatan dengan Kantor Bupati Tanbu. Dalam rangka festival ini, Kepala Sekolah dari seluruh Kabupaten Tanah Bumbu turut berpartisipasi, diharapkan mereka dapat memberikan inovasi yang bermanfaat dalam mendidik generasi penerus di Tanah Bumbu.

Bupati Zairullah Azhar menghadiahkan motivasi kepada 224 Kepala Sekolah tingkat TK, SD, dan SMP. Ia berharap agar para Kepala Sekolah dan tenaga pendidik dapat berinovasi, sementara pemerintah daerah bertanggung jawab untuk terus meningkatkan pelayanan pendidikan, termasuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk para Kepala Sekolah dan guru.

Dalam upaya peningkatan dalam bidang Teknologi Informasi (IT), Zairullah Azhar telah mempertimbangkan hal tersebut dan telah melakukan beberapa langkah. Selain itu, pemerintah daerah telah menjalin kerjasama dengan Briton English Education, perwakilan dari Cambridge University, untuk program Sekolah Berbahasa Inggris bagi SD dan SMP setara di Tanah Bumbu. Kerjasama dengan Tiongkok untuk bahasa Mandarin juga sedang diproses, dan upaya serupa untuk bahasa Arab juga sedang dijalankan.

Zairullah Azhar menyatakan, “Kami ingin memiliki SDM yang serba bisa. Oleh karena itu, kami dari Pemerintah Daerah akan terus menggenjot pengembangan SDM guna mencetak generasi pemimpin bangsa yang berasal dari Tanah Bumbu.”

Ia menekankan pentingnya pengembangan IT yang terus berkembang dengan dukungan SDM yang kompeten. Kualitas guru harus terus ditingkatkan agar generasi muda dapat berhasil di masa depan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanbu, Amiludin, menjelaskan bahwa akun Belajar.ID adalah alat pendidikan yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek dan digunakan oleh guru dan siswa dalam berbagai platform pendidikan yang telah disediakan oleh pemerintah. Platform ini memiliki beragam materi pembelajaran, modul, dan bahan ajar yang membantu guru dalam menyusun materi pembelajaran berkualitas.

Baca Juga  45 Putra-Putri Terpilih Berlatih dengan Semangat Tinggi untuk Menjadi Anggota Paskibraka Tanbu

Amiludin juga mengumumkan bahwa acara ini merupakan penganugerahan Jawara Belajar.ID Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, yang dipilih berdasarkan beberapa kategori, seperti pemanfaatan akun Belajar.ID, uji kompetensi siswa tertinggi, penggunaan platform Merdeka Mengajar, praktik terbaik dalam penggunaan alat TIK Chromebook, dan perencanaan berbasis data. Jawara Belajar.ID Kabupaten Tanah Bumbu akan melanjutkan kompetisinya ke tingkat provinsi dan nasional.

Amiludin memberikan informasi prestasi dari Tanah Bumbu dalam hal akun Belajar.ID, termasuk aktivasi akun dan uji kompetensi siswa. Tanah Bumbu juga berhasil dalam penggunaan Chromebook dan platform Merdeka Belajar. Ia berharap agar semua sekolah memaksimalkan pemanfaatan aplikasi ini.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, Anggota DPRD Tanbu Syamsisar, serta Kepala SKPD di Pemkab Tanbu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *