Bappedalitbang Tanah Bumbu Dorong Inovasi Pasar Tenaga Kerja melalui FGD SIDa 2023

Asiasatunews.com, Batulicin – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu telah mengambil langkah dalam mendorong inovasi pasar potensi tenaga kerja melalui Focus Group Discussion (FGD) bertajuk “Sistem Inovasi Daerah (SIDa ) Tahun 2023”.

Acara ini terlaksana dengan tujuan penting untuk melengkapi data penelitian yang akan menjadi landasan dalam penyusunan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (20/9/2023).

Menurut Sekretaris Bappedalitbang Romatua Simanjuntak, inovasi daerah adalah langkah penting dalam memperbaharui penyelenggaraan pemerintahan daerah. Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mendorong kreativitas lokal dan menggencarkan upaya inovasi.

Isu strategi daerah, seperti kualitas SDM, infrastruktur, ekonomi, dan risiko bencana, memerlukan kolaborasi inovasi yang efektif. Inovasi harus menjadi suatu kebiasaan dalam memecahkan masalah daerah, mengandung unsur pembaharuan, memberikan manfaat kepada masyarakat, dan memperhatikan kepentingan publik serta aspek-aspek kewenangan daerah. Inovasi juga harus bersifat aplikatif dan dapat direplikasi di berbagai konteks.

“Tidak hanya itu, inovasi yang diciptakan juga harus memperhatikan berbagai aspek, dan inovasi yang berkelanjutan harus selalu memperhatikan dan mengevaluasi untuk memastikan peningkatan yang berkelanjutan,” ucapnya.

SIDa, dalam hal ini, disusun dalam sebuah dokumen yang disebut sebagai roadmap SIDa. Dokumen ini akan menjadi acuan bagi daerah dalam menerapkan dan mengembangkan inovasi daerah dalam jangka menengah. Rincian target setiap Tahun Anggaran juga akan teruraikan dalam roadmap SIDa ini.

Di era digitalisasi seperti saat ini, perubahan terjadi di semua sektor, dan masyarakat mengharapkan pelayanan yang lebih baik dari pemerintah. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus mengembangkan inovasi daerah dengan roadmap SIDa sebagai panduan komprehensif tahun ini.

Baca Juga  Pemkab Tanbu Berikan Bansos kepada Keluarga Terdampak Kebakaran di Desa Kersik Putih

“Oleh karena itu, FGD ini adalah langkah awal penting dalam perjalanan menuju inovasi yang lebih baik di Kabupaten Tanah Bumbu. Harapannya bahwa melalui upaya kolaboratif ini, Kabupaten Tanah Bumbu dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta mendorong pertumbuhan pasar tenaga kerja di wilayah ini,” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *