Banjir di Desa Karang Bintang Menurun, Langkah Penanggulangan Berjalan Efektif

Asiasatunews.com, Batulicin – Berita terkini dari Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops-PB) BPBD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) pada Sabtu (3/2/2024) menyampaikan bahwa situasi di Desa Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, terkait banjir telah mengalami perubahan signifikan. Debit air dari sungai telah mengalami penurunan sekitar ± 30 cm dari level sebelumnya, mengindikasikan perbaikan dalam keadaan.

Di sisi lain, di Desa Selaselilau, Kecamatan Karang Bintang, situasinya sudah mulai kondusif dengan pulangnya pengungsi ke rumah masing-masing.

Pemkab Tanbu telah mengambil langkah-langkah penting dalam menangani dampak banjir ini. Dinas Sosial telah mendirikan dapur umum untuk menyediakan makanan bagi warga terdampak, sementara petugas telah dikerahkan ke lokasi banjir untuk memberikan bantuan dan mengawasi keamanan.

Berbagai instansi terlibat dalam penanggulangan bencana ini, termasuk BPBD, kecamatan, Basarnas, aparat desa, TNI/Polri, Puskesmas, Dinas Sosial/Tagana, masyarakat, dan relawan dari Masyarakat Peduli Api (MPA).

Kalak BPBD Tanbu, Sulhadi, melaporkan bahwa bencana banjir terjadi pada Jumat (2/2/2024) di beberapa lokasi, termasuk Desa Selaselilau, Desa Bintang Makmur, dan Desa Karang Bintang. Banjir ini disebabkan oleh luapan sungai Mantewe.

Akibatnya, banyak jalan dan rumah yang terendam air, serta beberapa rumah dan perkebunan warga juga terkena dampaknya.

BPBD Tanbu telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti desa, kecamatan, TNI/Polri, dan Puskesmas Karang Bintang. Upaya dilakukan termasuk pemantauan korban, evakuasi warga terdampak, dan pendirian posko induk banjir.

Sarana dan prasarana yang disiapkan termasuk mobil rescue, mobil Triton, ambulance, perahu karet, perahu polietilena, dayung perahu, leafjacket, dan mobil dapur umum dari Dinas Sosial.

Baca Juga  ASN Kabupaten Tanbu Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *