ASN Kabupaten Tanbu Mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Asiasatunews.com, Batulicin – sebanyak 40 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) telah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VIII.

PKA Angkatan VIII adalah hasil kerjasama antara Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tanbu dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kalsel.

Bupati Tanbu, Zairullah Azhar, melalui Kepala BKPSDM Tanbu, Rusdiansyah, menekankan bahwa jabatan administrator memiliki peran strategis yang sangat penting. Administrator harus memiliki kemampuan untuk memimpin dan menggerakkan anggotanya guna mewujudkan visi dan misi pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu, para administrator juga berperan sebagai agen perubahan. “Melalui pelatihan ini, peserta akan memperoleh kompetensi yang berlandaskan pada profesionalitas dan mampu menunjukkan kinerja yang baik dalam memimpin perubahan,” kata Rusdiansyah.

Tujuan akhirnya adalah menciptakan iklim kondusif di Tanbu yang akan menarik investasi dan berkontribusi pada kemajuan Bumi Bersujud. Bupati menekankan bahwa sebagai pejabat administrator, mereka adalah garda terdepan dalam mengelola berbagai program dan kebijakan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, memperkuat kepemimpinan dan keterampilan manajerial pejabat administrator adalah suatu keharusan. “Kepemimpinan bukan hanya tentang jabatan atau hirarki, tetapi lebih pada kemampuan untuk menginspirasi, memimpin dengan integritas, dan mengambil keputusan yang tepat demi kemajuan bersama,” tambahnya.

Bupati juga berharap bahwa pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan yang akan diperoleh selama pelatihan ini akan membuat mereka menjadi pemimpin yang lebih efektif dan dapat membawa perubahan positif bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan akan menjadi langkah awal yang inspiratif dalam perjalanan menuju peningkatan kualitas pelayanan publik dan kinerja aparatur. “Mari kita bersama-sama menjadikan pelatihan ini sebagai momentum positif untuk berkembang dan berkontribusi lebih baik lagi bagi masyarakat Tanbu,” ajaknya.

Baca Juga  Pemkab Tanbu Sampaikan Proposal Desa Blankspot ke Kementrian Kominfo RI

PKA dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan kompetensi peserta agar memenuhi standar kompetensi manajerial Jabatan Administrator yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

Baca Juga  Satpol PP Tanbu Ungkap Dugaan Praktik Prostitusi Berkedok Warung Kopi

PKA Angkatan VIII berlangsung mulai tanggal 30 Agustus hingga 20 Desember 2023 dengan metode Blended Learning. Tempat pelaksanaan kombinasi, yaitu di instansi masing-masing peserta dan di Kampus I BPSDMD Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Agenda pelatihan mencakup topik-topik seperti kepemimpinan pancasila dan nasionalisme, kepemimpinan kinerja, manajemen kinerja, serta aktualisasi kepemimpinan, orientasi program, dan evaluasi pembelajaran.

Pembukaan PKA yang berlangsung pada hari Senin, 2 Oktober 2023, di Banjarbaru dihadiri oleh Kepala BKPSDM Tanbu, Rusdiansyah, dan Kepala BPSDMD Kalsel, Mujiyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *