Antusiasme Pecah! Roadshow Duta Baca Tanah Bumbu di SMK Negeri 2 Simpang Empat

Asiasatunews.com, Batulicin – Dalam upaya memulai tahun 2024 dengan penuh semangat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu menyelenggarakan kegiatan roadshow duta baca ke sekolah. Aula SMK Negeri 2 Simpang Empat menjadi saksi keberhasilan acara ini pada Selasa (23/1/2024), dengan berhasil menarik perhatian 90 siswa dan siswi yang hadir.

Tujuan utama dari roadshow ini adalah memberikan dukungan kepada duta baca Tanah Bumbu yang sebelumnya telah dikukuhkan. Tugas mereka adalah mensosialisasikan minat dan kebudayaan membaca di kalangan remaja atau pelajar menengah atas.

Ika Yuliana, S.Pd., M.Pd., Kepala SMK Negeri 2 Simpang Empat, menyambut baik kegiatan ini, berharap para siswa dapat meraih manfaat maksimal dari materi yang disampaikan oleh narasumber. “Kegiatan ini sangat penting untuk menggali minat baca di kalangan pelajar dan meningkatkan literasi di Tanah Bumbu,” ujar Ika Yuliana.

Dalam format talkshow, para duta baca Tanah Bumbu berbagi pengalaman mereka dalam menggalakkan kegemaran membaca melalui berbagai program literasi. Yulia Rahmadani, S.Pd., MM., selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu, melalui Muhammad Saleh, menekankan pentingnya ketekunan dalam menjalani kehidupan sehari-hari sebagai pelajar.

“Sebagai pelajar, adik-adik harus tekun dalam menjalani bidang yang sedang dipelajari sekarang. Misalnya, adik-adik dari jurusan keperawatan harus tekun dan serius dalam menjalaninya,” kata Muhammad Saleh, sekretaris Dispersip.

“Ketekunan ini akan berpengaruh pada proses akhir nantinya, dan semua memiliki prosesnya,” sambungnya.

Peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan perdana Duta Baca Go to School tahun 2024 ini. Narasumber yang mengisi talkshow meliputi Ilham Bahari, S.IP (pendiri Komunitas Pejuang Literasi Tanah Bumbu), Irma Ningsih (Duta Baca Tanah Bumbu 2023-2025), dan Nur Hidayaturahmah (Runner Up Duta Baca Tanah Bumbu 2023-2025), dengan peran sebagai moderator oleh Azm Irfala (Duta Baca 2020-2023).

Baca Juga  Pengukuhan Pengurus HIMATANBU Malang Periode 2023-2024 oleh Pemkab Tanbu

Kegiatan ini tidak berhenti di sini, melainkan akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah menengah berikutnya. Langkah ini diambil untuk terus mendorong kegemaran membaca melalui peran aktif para duta baca Tanah Bumbu. Dengan harapan literasi di kalangan pelajar terus meningkat, membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *