Rabu, 23 Juni 2021

10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi 4ICU UniRank 2021

1 min read
31 Maret 2021
Foto: Dok Humas UGM/10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi 4ICU UniRank 2021

Jakarta – Hasil pemeringkatan perguruan tinggi dunia UniRank menempatkan UGM di posisi pertama untuk tahun 2021. UGM mengulang prestasi serupa yang telah diraih pada tahun 2020.

“UGM kembali menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas terbaik di Indonesia versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021. Terima kasih untuk kerja keras sivitas dan dukungan Kawan UGM,” tulis UGM di akun Instagramnya ugm.yogyakarta.

UniRank rutin dilakukan lembaga 4ICU tiap tahun. Selain UGM, sembilan PTN lain ikut mengisi 10 besar universitas terbaik di Indonesia. PTN ini umumnya menjadi incaran calon mahasiswa dalam SNMPTN, SBMPTN, atau ujian mandiri.

10 universitas terbaik di Indonesia versi 4ICU UniRank 2021

  1. Universitas Gadjah Mada
  2. Universitas Indonesia
  3. Universitas Diponegoro
  4. Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Universitas Negeri Yogyakarta
  6. Universitas Brawijaya
  7. Universitas Airlangga
  8. Universitas Sebelas Maret
  9. Institut Pertanian Bogor
  10. Universitas Lampung

Dikutip dari situs 4ICU UniRank, kriteria pemeringkatan universitas meliputi tiga hal. Pertama adalah akreditasi yang dilakukan kementerian terkait di tiap negara.

Kriteria selanjutnya adalah menawarkan gelar sarjana empat tahun pascasarjana bagi seluruh mahasiswa yang berminat. Kriteria ketiga adalah menawarkan pendidikan yang didominasi tatap muka dan berlokasi di tempat tertentu.

UGM mungkin bisa dikatakan sebagai salah satu universitas paling tua di Indonesia. Dikutip dari situs UGM, perguruan tinggi ini berdiri pada 16 Desember 1949. Berdirinya UGM disahkan dengan Peraturan Pemerintah nomor 23 tahun 1949.

Sejumlah petinggi negara diketahui merupakan alumni UGM, salah satunya Presiden Joko Widodo yang kuliah di Fakultas Kehutanan. Selain itu Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan tercatat kuliah di Fakultas Ekonomi angkatan tahun 1989.

 

Sumber : https://www.detik.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 0
  • 0
  • 7.414
  • 5.418

You may have missed