Senin, 25 Oktober 2021

Zairullah Bangga Tanbu Sudah Miliki Pabrik Biodiesel Terbesar di Kalsel

2 min read
6 Juli 2021

(Fhoto : Bupati Tanah Bumbu H M Zairullah Azhar Saat meninjau lokasi bangunan Pabtik Biodiesel PT Jhonlin Agro Raya)

 

Asiasatunews.com, Batulicin
–  Bupati Tanah Bumbu dr H.M Zairullah Azhar kunjungi bangunan pabrik Biodiesel B 30 milik PT Jhonlin Agro Raya, yang berlokasi di desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, selasa (6/7/2021) siang.

Pada saat kunjungan kerja (Kunker) ke lokasi Pabrik Biodiesel tersebut, Bupati Zairullah di dampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu H Ambo Sakka dan sejumlah jajaran lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tanbu.

Kami sangat bangga dengan sosok putra daerah seperti H Syamsudin atau yang lebih di kenal dengan sebutan (H Isam) selaku putra daerah yang telah bertekad memajukan daerahnya sendiri, dengan membangun pabrik Bio diesel terbesar di Indonesia.

Adapun berdirinya pabrik Biodiesel di Tanah Bumbu, tentunya hal ini sangat membantu terhadap Pendapatan Pemerintah, bahkan untuk kebutuhan bahan bakar  dalam Negeri juga dapat terbantukan, ungkap Zairullah.

Dalam kesempatan itu, Direktur PT Jhonlin Agro Raya (JAR), Sabrina Lubis menyampaikan, bahwa kapasitas produksi pabrik Biodiesel maksimal 1.600 Metrik Ton (MT) perhari, dengan kebutuhan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit 6.800 Ton dalam sehari.

Untuk itu, kami dari perusahaan PT JAR sendiri sudah punya rencana menyiapkan lahan perkebunan kelapa sawit hingga ratusan ribu hektar, untuk memasok TBS ke Pabrik Biodiesel yang ada di lolasi desa sungai dua kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalsel, katanya.

Karena PT JAR pada saat ini hanya mempunyai 30 persen bahan baku, jadi perluasan perkebunan kelapa sawit perlu terealisasi, walaupun TBS dari masyarakat juga di tampung di pabrik Biodiesel Plant ini.

Zafrinal Lubis menambahkan, bahwa luas lokasi tanah untuk pabrik Biodiesel milik PT JAR mencapai 6 hektar, dengan investasi biaya pembangunan Pabrik,  pelabuhan (jety) dan termasuk fasilitas lainnya mencapai Rp 2 Triliun.

Insya Allah, kalau tidak ada kendala, bangunan pabrik Biodiesel milik perusahaan PT JAR ini akan diresmikan langsung  Presiden RI Joko Widodo, pada akhir Juli 2021, kata Zafrinal Lubis kepada sejumlah awak media.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Tanah Bumbu H Deni Heriyanto menambahkan, bahwa di Tanbu ada dua blok Kawasan Perindustrian Terpadu, diantaranya blok 1 berada di desa sarigadung dengan lahan seluas 563 hektar yang sudah Clear and Clean (CNC), dan blok 2 dengan luas Kawasan Industri Batulicin (KIB) berlokasi di desa sungai dua 1.700 hektar.
(Red/asiasatunews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 190
  • 17
  • 11.495
  • 7.300

You may have missed