Selasa, 28 September 2021

PT Anzawara Satria Janji Bertanggungjawab, Tapi Jalan Desa Bunati Yang Longsor Belum Juga di Perbaiki

3 min read
23 Mei 2021
 
Asiasatunews.com, Batulicin
– Longsornya jalan poros desa Bunati, akibat dari aktivitas penambangan batubara  yang dilakukan oleh PT Anzawara Satria dengan Sub Kontraktornya PT PJM, kini menghambat kelancaran lalu lalang kendaraan bermotor warga setempat.
 
Terhitung sudah satu bulan lebih, sejak awal  juni 2021, jalan poros beraspal yang ada di desa Bunati ini sudah longsor, namun dari pihak perusahaan tambang batubara PT Anzawara hanya bisa membuatkan jalan alternatif, dan terkesan berlarut larut untuk memperbaiki jalan aspal yang di janjikan bertanggung jawab kepada warga desa setempat. 
 
Terkait longsornya jalan desa Bunati yang beraspal akibat terdampak aktivitas tambang batubara PT Anzawara Satria tersebut, kini terdengar oleh Plt Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu Subhansyah, dan langsung melakukan pengecekan kebenarannya di lapangan dengan sejumlah awak media, minggu (23/5/2021) siang.
 
Dalam kesempatan pertemuan antara Plt Kadis (PUPR) Subhansyah dengan pihak manajemen perusahaan tambang batubara PT Anzawara Satria yang disaksikan sejumlah warga desa Bunati dilapangan, Subhansyah meminta agar perusahaan yang terkait secepatnya untuk memperbaiki jalan beraspal yang longsor di desa Bunati Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalsel tersebut.
 
“Kalau berlarut larut dilakukan perbaikan jalan poros beraspal desa Bunati oleh perusahaan PT Anzawara Satria, takutnya longsor tersebut meluas,” kata Subhansyah.
 
Kami atas nama Pemerintah Daerah Tanah Bumbu, meminta komitmen perusahaan untuk secepatnya memperbaiki jalan aspal desa Bunati yang ambrol ini, karena sesuai dengan apa yang di janjikan dan diucapkan perusahaan sepenuhnya untuk bertanggung jawab  atas kejadian ini.
 
Terpisah, Azis salah satu warga desa Bunati ketika di konfirmasi melalui seluler oleh media ini, mengatakan, bahwa Dia merasa resah atas keberadaan tambang batubara PT Anzawara Satria yang terkesan berekploitasi tanpa memikirkan situasi lingkungan sekitar, sehingga jalan utama poros desa yang sudah di aspal oleh Pemkab Tanbu terdampak longsor.
 
Padahal jalan poros desa Bunati yamg beraspal ini, baru saja dinikmati oleh masyarakat setempat, tiba – tiba longsor, akibat ulah penambangan batubara PT Anzawara Satria, kata Azis.
 
Kami warga desa Bunati, meminta kepada pihak perusahaan terkait, agar secepatnya untuk memperbaiki jalan yang sudah longsor akibat tambang batubara PT Anzawara dan Subkonnya PT JPM.
 
Selain itu, lanjut Azis, hendaknya Pemerintah harus ketat untuk mengawasi semua aktivitas tambang batubara yang tengah beroperasi, agar kondisi lingkungan di daerah bisa lebih baik.
 
Perlu di ketahui, bahwa dampak dari penambangan batubara milik PT Anzawara Satria yang berada di sekitar jalan desa Bunati, membuat fasilitas jalan umum desa setempat ambrol dan putus, bahkan sejumlah tiang listrik milik PLN di sekitar lokasi itu juga terdampak roboh, dan hingga pada saat ini menjadi sorotan Pemerintah daerah Tanah Bumbu.
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 30
  • 16
  • 10.424
  • 6.905

You may have missed