Selasa, 28 September 2021

Mendata Aset Daerah, BPKAD Tanbu Turunkan 40 Tenaga Terlatih Ke Lapangan

3 min read
7 September 2021
(Fhoto : Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar bersama 40 orang tenaga ahli pencatatan inventarisasi  aset daerah di ruang rapat Berdujud perkantoran gunung tinggi)
 
 
Asiasatunews.com, Batulicin
– Untuk menata pengelolaan aset daerah berupa tanah, gedung dan bangunan, maka Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tanah Bumbu menerjunkan 40 orang tenaga terlatih untuk melakukan inventarisasi ke lapangan.
 
Adapun Tim Inventarisasi tersebut dilepas langsung Bupati oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar, berlangdung di Ruang Bersujud I Perkantoran Gunung Tinggi, Kecamatan Batulicin, Senin (6/9/2021) tadi.
 
Selesai pelepasan Tim inventarisasi, dalam kesempatan itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) H Syamsudin menyampaikan, bahwa jumlah Aset daerah Tanbu mencapai 98 ribuan, dan kami menurunkan Tim berjumlah 40 orang yang turun ke lapangan, dengan sasaran ke desa, kecamatan, dan semua invetaris aset kita didata.
 
Kemudian Syamsudin menambahkan, bahwa sebenarnya total aset daerah Tanah Bumbu mencapai 98 ribu lebih. Namun untuk tahap pertama ini untuk di inventarisir sebanyak 5.200 aset yang akan diambil titiknya secara kontinyu selama 2 bulan kedepan.
 
Yaitu sebanyak 800 titik aset tanah bangunan, 1.700 titik tanah jalan, dan 2.700 titik gedung serta bangunan, sebut Syamsudin.
 
Terkait pencatatan inventarisasi ini dilakukan, dalam rangka menjaga aset untuk memenuhi instruksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
Jadi perlu kita ketahui, bahwa 
nantinya pihak yang mau mengetahui titiknya dimana, cukup menekan tombol dari sebuah sistem aplikasi, bisa diketahui penggunaannya. Sudah ada by name, by address penggunanya, tegasnya.
 
Untuk aset yang dimanfaatkan oleh pihak lain, hasil inventarisir akan diketahui. Semuanya kedepan akan bisa dikontrol melalui sebuah sistem aplikasi yang segera diluncurkan.
 
“Nanti kelihatan disitu kalau ada aset yang digunakan pihak tidak berkepentingan atau berkepatutan dalam hal ini, sebutnya.
 
Syamsudin menyebutkan, bahwa kegiatan inventarisasi ini murni bertujuan untuk penataan. Tapi penggunaan nantinya sesuai kebutuhan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing – masing.
 
Pada saat  prosesi pelepasan Tim Inventarisasi aset, Bupati  Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengatakan, kepada 40 tenaga terlatih, terbagi 4 tim, supaya tetap menjaga amanah ini dengan baik, karena tugas ini penting sekali untuk menjaga kualitas manajemen Pemerintah Daerah
 
Kemudian Bupati Zairullah Azhar juga menegaskan,  jika dilapangan ditemukan aset yang belum tercatat agar segera dikoreksi dan dibenahi, karena tugas daerah dalam hal pencatatan inventarisasi aset ini harus tuntas secepatnya.
 
Sekali lagi, saya berpesan, lanjut Bupati, mari jaga nama baik pemda kerena tim akan berhadapan dengan masyarakat yang terkait, katanya.
 
Ketika pelepasan Tim Inventarisasi aset, turut dihadiri Sekda H Ambo Sakka, Kepala BPKAD H Syamsudin dan Kepala Dinas Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu, Ansari Firdaus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 30
  • 16
  • 10.424
  • 6.905

You may have missed