Jumat, 30 September 2022

Ingin Majukan Dispersip Tanbu, Dispersip Kalsel Gelar Pembinaan

2 min read
30 Agustus 2022
 
Asiasatunews.com, Batulicin
– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Kalimantan Selatan menggelar pembinaan perpustakaan di aula kantor Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu, kawasan perkantoran Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin, Senin (29/8/2022).
 
Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan, Wildan Akhyar mengatakan, pembinaan perpustakaan ini dilakukan untuk mensosialisasikan ataupun mengedukasi bagaimana pengelolaan perpustakaan berstandar nasional.
 
“ Apakah itu perpustakaan milik institusi pemerintah, sekolah maupun swasta yang ada di kabupaten Tanah Bumbu bisa dikelola dengan baik dan berstandar nasional,” sebutnya.
 
Adapun pengelolaan perpustakaan yang baik, tentu akan berdampak pada pelayanan terhadap masyarakat dan pelajar, agar orang yang datang untuk membaca ke perpustakaan merasa nyaman.
 
Untuk mencapai perpustakaan berakreditasi atau berstandar nasional,  yaitu ada 6 komponen yang wajib dipenuhi yakni, Koleksi atau jumlah judul dan buku, sarana dan prasarana, pelayanan atau SDM yang berkaitan dengan pengelola seperti jumlah dan kompetensi pustakawan yang dimiliki, penyelenggaraan dan penguat seperti inovasi perpustakaan,
 
” ini yang akan menjadi syarat untuk mendapatkan predikat akreditasi dan standar nasional,” ungkapnya.
 
Kegiatan sosialisasi pembinaan perpustakaan di kabupaten Tanah Bumbu merupakan yang ke 10 se-Kalimantan Selatan.
 
Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pelayanan dan Kegemaran Membaca Dispersip Tanah Bumbu Tri Wahyudi mengatakan, dengan adanya pembinaan perpustakaan dari Dispersip Pemprov Kalsel ini diharapkan bisa mendorong peningkatan standar pengelolaan perpustakaan di kabupaten Tanah Bumbu.
 
“Targetnya adalah perpustakaan di Tanah Bumbu bisa mendapat akreditasi sebagai perpustakaan berstandar nasional,” Katanya
 
Perlu kita ketahui bersama, bahwa jumlah perpustakaan di Tanah Bumbu cukup banyak dengan minat baca yang juga tinggi, yakn sekitar 212 perpustakaan di Tanah Bumbu yang terdiri dari 68 perpustakaan umum dan 12 perpustakaan khusus.
 
Bisa dikatakan, bahwa jumlah perpustakaan yang ada, masih banyak tidak aktif, ini yang menjadi tantangan Dispersip dalam upaya memaksimalkan anggaran dari pemerintah untuk membenahi kekurangan tersebut, jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 10
  • 6
  • 18.070
  • 10.819

You may have missed