Jumat, 30 September 2022

Dua Belas Kecamatan Menjadi Sasaran Kunjungan Tim Penilaian dan Evaluasi Desa Serta Kelurahan

3 min read
26 Maret 2022
 
Asiasatunews.com, Batulicin
– Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penilaian terhadap perwakilan dari 12 kecamatan yang ada di Bumi Bersujud.
 
Kelurahan Kota Pagatan yang menjadi perwakilan untuk kelurahan di Kecamatan Kusan Hilir, juga turut dikunjungi tim evaluasi, Kamis (24/03/2022). 
 
Adapun Kedatangan rombongan tim evaluasi tersebut disambut tari -tarian sekaligus pengalungan selendang untuk Ketua Tim, oleh Lurah Kota Pagatan.
 
Terkait hal ini, Lurah Kota Pagatan, Karniah Umar mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada tim evaluasi perkembangan desa dan kelurahan di tempat ini.
 
“Kegiatan ini sudah lama kami nantikan, sdbah hal ini akan menjadi acuan kedepan untuk melakukan berbagai perubahan dan pengembangan dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat Kelurahan Kota Pagatan,” katanya.
 
Karniah menambahkan, bahwa kelurahan Kota Pagatan dibentuk pada tahun 1981, memiliki 9 RT, 3.099 jiwa dengan motto “Memberikan pelayanan dengan sepenuh hati dan CERMAT”, adalah, Cepat, Efisien, Ramah, Amanah dan Tulus.
 
Kemudian, sebagai wilayah yang minim lahan pertanian, maka salah satu produk unggulan dikembangkan wilayah itu adalah tanaman hidroponik seperti selada dan seledri dan lainnya. Karena dengan cara hidroponik, pelaku usaha kecil dapat ikut mengembangkannya hingga bernilai ekonomis bagi masyarakat.
 
“Kami terus mengajak warga untuk mengembangkannya, karena tidak rumit, cepat panen dan menghasilkan. Diawali nanti dengan pelatihan dan bantuan bibit bagi masyarakat,” ujar Karniah.
 
Lalu ada juga produk UMKM khas pesisir pantai di wilayah itu yang tidak kalah rasa dan kualitasnya seperti Pentol Ikan dan Amplang. Serta berbagai panganan lainnya yang turut diolah seperti Rengginan dan Kue Semprong sebagai produk unggulannya.
 
Selain itu, Kelurahan Korta Pagatan juga melakukan berbagai inovasi dalam program pemberdayaan masyarakat. Salahsatunya melalui program “Selada” atau sedekah lansia dan dhuafa setiap hari Jumat. Juga program pendampingan bagi warga yang sakit dan keluarganya.
 
Kelurahan itu saat ini juga sedang mengembangkan budidaya ikan nila sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kemandirian masyarakat sekaligus mengurangi angka pengangguran di wilayah itu.
 
Dengan berbagai inovasi dan program pembangunan yang telah dilakukan, Karniah Umar optimis, Kelurahan Kota Pagatan akan terus berkembang menjadi lebih baik dan mampu menjadi kelurahan terbaik di ajang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2022.
 
“Semoga Kelurahan Kota Pagatan kedepannya akan terus lebih baik lagi dan terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tutupnya.
 
Dalam kesempatan itu, Ketua Tim Evaluasi yang juga Kepala DInas Pemberdayaan Masyarakat, Samsir menyampaikan apa yang dipaparkan oleh Lurah sudah mewakili dengan tema evaluasi tahun 2022, yaitu “Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh”.
 
Samsir mengungkapkan, hasil penilaian ini menjadi bentuk apresiasi bagi desa dan kelurahan berupa penghargaan atas keberhasilannya dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan masyarakat.
 
Selesai acara pembukaan, dilakukan penyerahan penghargaan dan kenang-kebangan bagi beberapa mantan Lurah Kota Pagatan. Turut berhadir dalam evaluasi itu, Camat Kusan Hilir dan unsur Muspika setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 10
  • 6
  • 18.070
  • 10.819

You may have missed