Minggu, 28 November 2021

Diskominfo Tanbu Sosialisasikan Keamanan Informasi dan TTE E Sign

3 min read
18 November 2021
 
Asiasatunews.com, Batulicin
– Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tanah Bumbu, mengadakan Sosialisasi Keamanan Informasi dan Tanda Tangan Elektronik (TTE)/E Sign di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, bertempat di gedung PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (18/11/2021) pagi.
 
Pada acara sosialisasi itu dihadiri Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Rahmat Propto Udoyo, Kepala Dinas Kominfo Tanah Bumbu, Kabid Statistik dan Persandian, dan diikuti SKPD di lingkungan Kabupaten Tanah Bumbu, dengan menghadirkan 2 narasumber yaitu Sandiman Muda pada Balai Sertifikasi Elektronik, Agus Mahardika A.L, dan Sandiman Pertama pada Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Mas Merdekadyarta.
 
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Diskominfo Tanbu Ardiansyah melalui Kepala Bidang Statistik dan Persandian Akhmad Subari, saat memberikan laporan menyampaikan Pemkab Tanbu tidak ingin teknologi ini dimanfaatkan untuk kepentingan yang tidak baik.
 
Terkait hal ini, Diskominfo Tanbu fokus pada keamanan dan pengamanan informasi khususnya penggunaan teknologi ini.
 
“Secara ketentuan, banyak peraturan yang mengamanatkan pentingnya keamanan informasi baik yang khusus maupun yang umum, termasuk di dalam Perpres 95 tahun 2018. Salah satu pilar penting dalam SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) adalah keamanan SPBE yang mengatur mulai dari arsitektur sampai dengan tata kelola,” ungkap Subari.
 
Subari menambahkan, bahwa Prinsip dari keamanan SPBE, adalah bukan hanya menjamin kerahasiaan, tetapi juga datanya harus utuh, tersedia saat diambil, dan asli.
 
Salah satu yang paling penting dari sisi keamanan informasi adalah, bagaimana kita bisa mengakses dan mengamankan pusat data, serta juga mengamankan terkait dengan surat elektronik.
 
“Saat ini kita akan menggunakan aplikasi dan berbagai macam tools untuk menggunakan tanda tangan elektronik. Saya berharap seluruh Kepala Perangkat Daerah di Pemkab Tanbu sudah memiliki tanda tangan elektronik. Ini tentunya membantu mempercepat pelaksanaan tanda tangan elektronik,” imbuhnya.
 
Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melalui Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Rahmat Propto Udoyo, mengingatkan pentingnya kegiatan sosialisasi Keamanan Informasi dan TTE.
 
“Oleh karena itu, bagaimana kita mengamankan dan mengaplikasikannya di lingkungan kita, termasuk bagaimana memeriksanya. Jadi kita juga harus bisa mengedukasi masyarakat bahwa dokumen yang dibagikan ke masyarakat harus diperiksa dulu keasliannya, keabasahannya dengan menggunakan berbagai macam tools,” ujarnya.
 
Rahmat menjelaskan banyak manfaat dalam memvalidasi tanda tangan elektronik.
 
Kami berharap dengan dilaksanakan sosialisasi ini ke seluruh SKPD bisa mengikuti dengan baik dan dapat menerapkan di masing-masing SKPD, sehingga bisa mengurangi pemalsuan dokumen dimasa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 4
  • 2
  • 12.466
  • 7.780

You may have missed