Minggu, 28 November 2021

Dinas PMD Menggelar Jambore Pos Yandu di Ikuti 350 Kader Kabupaten

3 min read
4 November 2021
 
Asiasatunews.com, Batulicin
–  Sebanyak 350 kader posyandu mengikuti Jambore Posyandu tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), di Gedung Mahligai Bersujud, Rabu (4/11/2021) pagi.
 
Hal ini di gelar, untuk menerapkan tiga fungsi Puskesmas, satu diantaranya pemberdayaan masyarakat melalui kader posyandu, dengan konsep pemahaman masyarakat yang mengarah ke paradigma sehat di Puskesmas, yang mana peran Puskesmas tidak hanya untuk berobat saja.
 
Melainkan, untuk berbagai kegiatan diantaranya, konsultasi mengenai gizi, sanitasi, kesehatan reproduksi remaja hingga untuk kegiatan lomba jambore kader posyandu.
 
Panitia lomba kader posyandu dr Decky Atmaja dalam laporanya, menyampaikan, lomba jambore kader posyandu ini diikuti sekitar 350 peserta.
 
Terkait kegiatan ini, masing – masing kecamatan mengirim 6 grup perwakilannya untuk mengikuti lomba.
 
Adapun lomba yang di gelar ini, berupa Lomba Pembuatan PMT, Lomba pengisian KMS, Lomba Cerdas Cermat,Lomba Penyuluhan, Lomba Yel-yel serta Lomba Penimbangan Bayi.
 
“Dengan mengikuti lomba ini bisa menambah pengalaman dan memacu semangatnya untuk membantu masyarakat dalam layanan kesehatan, khususnya bagi balita, ibu hamil, menyusui dan pengunjung posyandu,” Ucapnya.
 
Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj. Wahyu Windarti menyampaikan bahwa kader posyandu merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pelaksana pendaftaran, penimbangan, pencatatan, melakukan penyuluhan, serta penggerakan sasaran posyandu.
 
Kader posyandu juga merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan posyandu.
 
Menurutnya, keberhasilan posyandu sebagai wahana alih informasi dan olah keterampilan bergantung pada kinerja masyarakat ,terutama kadernya.
 
Hal tersebut ditunjang dengan sarana yang digunakan serta petugas kesehatan sebagai pengelola program . Selain itu, kader perlu mendapat dukungan dari pemangku kepentingan ditingkat yang lebih tinggi.
 
“Saya harap kader berperan aktif dalam hal ini. Mengingat persoalan stunting dapat mengganggu produktifitas nasional dan mengancam masa depan generasi muda, “kata Wahyu Windarti.
 
Sesuai dengan tema kegiatan” ayo cegah stunting dengan Asi ekslusif” ,ia menyatakan perlu upaya signifikan untuk menanggulangi stunting dengan memprioritaskan kegiatan intervensi spesipik dan intervensi sensitif pada 1000 hari pertama kehidupan bayi hingga 6 tahun.
 
Tambahnya, kegiatan jambore kader posyandu ini bertujuan untuk memberikan penghargaan serta meningkatkan motivasi, wawasan dan pengetahuan kader dalam penyelenggaraan posyandu.
 
Disamping itu, Bupati Tanah Bumbu dr H.M Zairullah Azhar yang di wakili Kepal Dinas PMD Samsir saat membuka acara kegiatan tersebut berharap melalui kegiatan ini dapat terbentuknya kader-kader unggul inovasi untuk terselenggaranya kegiatan posyandu.
 
” Sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa optimal,” ucapnya dalam sambutan.
 
Pada Kegiatan ini dihadiri sejumlah kepala SKPD Tanbu, Seluruh TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, dengan jumlah 350 peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Arsip

Statistik

  • 0
  • 6
  • 3
  • 12.468
  • 7.781

You may have missed